STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG

GUNAWAN ADRIANSYAH, 17201153274 (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gunawan Ardiansyah, 17201153274, Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter di Sma Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bpk Drs Munarji M,A.g NIP.195412181968021001 Kata Kunci: Strategi Guru, Pembentukan Karakter Karakter merupakan suatu ciri khas seorang manusia yang membedakan dengan manusia lain. Karakter manusia di bentuk dalam waktu yang lama. Dalam proses terbentuknya suatu karakter pada diri seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu yang berperan dalam proses pembentukan karakter pada diri manusia ialah guru, terutama guru sekolah dasar. Guru sekolah dasar memiliki tugas membentuk karakter-karakter dasar yang baik pada diri anak didiknya. Oleh sebab itu, guru memerlukan suatu strategi tertentu agar karakter yang diharapkan mampu benar-benar dimiliki anak didiknya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi yang diterapkan guru dalam pembentukan karakter di SMA Islam Sunan Gunung Jati ? (2) Bagaimanaa macam macam karakter siswa di SMA islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? (3) bagaimana hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter di SMA islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai intrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah di SMA islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga; people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara terpimpin, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (7) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi yang diterapkan guru dalam pembentukan karakter melalui:a. Menjadi teladan dalam berkata, bersikap dan berperilaku,b. Mengambil hati (menarik perhatian) peserta didik, c. Membuat peserta didik merasa senang dan nyaman belajar, d. Memvariasi model dan metode pembelajaran, e. Memperhatikan karakteristik dan tipe belajar peserta didik, f. Membagi dalam kelompok, g. Penugasan, h. Mengaitkan materi dengan cerita, i. Pemberian ekstra kasih saying, j. Mengadakan/ berpartisipasi dalam peringatan hari besar nasional dan peringatan hari besar Islam, k. Mengadakan pembiasaanpembiasaan karakter baik yang diselenggarakan oleh sekolah atau merupakan kesepakatan antara guru dengan siswa yang terkait. (2)macam macam kaarter diswa yang yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter yaitu:a.Latar belakang budaya siswa yang berbeda beda b.Siswa yang mempunyai karakter berbeda seperti pemalas disiplin bolos sekolah tiadk brtaanggug jawab c.Tingkat kematangan pola pikir siswa yang berbeda beda membutuhkan kesbaran dalam proses pembeljaran (3) Hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter yaitu:a. Adanya kepribadian siswa yang berbeda-beda, b. Kesiapan mental peserta didik untuk belajar yang kurang, c. Kurangnya pendampingan, dukungan dan kepedulian orang tua kepada guru dan peserta didik, d. Peserta didik tidak dapat mengikuti pelajaran (dikarenakan sakit atai izin).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201153274 GUNAWAN ADRIANSYAH
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:08
Last Modified: 05 Jul 2023 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32381

Actions (login required)

View Item View Item