IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

QOWIM ASHARI, 17201153117 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung” ini yang ditulis oleh Qowim Ashari, NIM. 17201153117, dengan bimbingan oleh Indah Khomsiyah, S.Ag, M.Pd. NIP. 197605182007012021. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Aswaja Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya radikalisme yang bermunculan akhir-akhir ini. Radikalisme disebabkan oleh kesalah pemahaman dalam memahami dalil-dalil Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad S.A.W, yang dimaknai secara tekstual. Implementasi pemahaman terhadap aswaja sangat penting sekali dengan tujuan agar tidak menimbulkan pemahaman yang salah terhadap makna ahli sunnah wal jama’ah. Oleh sebab itu maka diperlukan suatu pembelajaran yang benar guna mewujudkan hal tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti mengadakan penelitian tentang Implementasi pembelajaran aswaja di MTs Darul Falah Bendil jati Sumber Gempol Tulungagung, dengan harapan dapat memberikan konstribusi khususnya dalam mengimplementasikan pembelajaran aswaja di lingkungan madrasah. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana Implementasi pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana problematikan implementasi Pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, (2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, (3) Mendeskripsikan problematika implementasi pembelajaran Aswaja di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Desa Bendiljati, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), consclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran aswaja dimulai dengan menyusun RPP yang sesuai dengan materi aswaja yang menganutpaham aswaja Nahdlatul ulama. Sedangkan pembelajaran berupa kegiatan diluar kelas sudah terprogran dan perencanaannya sudah dari dahulu. (2)Implementasi pembelajaran Aswaja dilaksanakan sesuai dengngan langkah-langkah prosedur pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, Inti, dan penutup. Selain itu ada pembelajaran aswaja yang dilaksanakan berupa kegiatan seperti sholat dhuha berjaaah, mengaji kitab kuning, ziarah makam pendiri pesantren, dan sorokan Al Quran. (3) Problematika Implementasi pembelajaran aswaja yaitu siswa kurang bersemangat atau merasa jenuh dengan pembelajaran aswaja, serta siswa kesulitan dalam menghafal riwayat tokoh-tokoh aswaja. Solusi problematika pembelajaran tersebut adalah ketelatenan guru dalam mengajar, memotivasi semangat belajar siswa, dan memahami karakteristik siswa serta mendo’akan siswa-siswanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153117 QOWIM ASHARI
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:52
Last Modified: 01 Feb 2023 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32573

Actions (login required)

View Item View Item