STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RA A DARUL MUTTAQIN KALIDAWIR

ELSA NILASARI, 12206183112 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RA A DARUL MUTTAQIN KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Beberapa waktu yang lalu kemampuan berbahasa peserta didik di RA Darul Muttaqin Kalidawir dirasa masih kurang. Kemudian kemampuan berbahasan terus mengalami perkembangan sejak diterapkannya metode bercerita oleh para guru. Hal ini tentu membuat peneliti tertarik untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi belajar peserta didik saat menggunakan metode bercerita. Tujuan penelitian yang dilakukan yakni (1) untuk mengetahui perencanaan metode bercerita dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di RA A Darul Muttaqin Kalidawir. (2) untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di RA A Darul Muttaqin Kalidawir. (3) untuk mengetahui evaluasi metode bercerita dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di RA A Darul Muttaqin Kalidawir. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yakni peserta didik di RA A Darul Muttaqin Kalidawir. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data meliputi Drajat kepercayaan, keteralian, dan kebergantungan serta kepastian. Kepastian data dilakukan dengan melakukan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini yakni (1) perencanaan model bercerita yang dilakukan dengan menyiapkan tema yang akan disampaikan, menentukan tujuan, memilih bahan dan alat yang digunakan, dan mempersiapkan langkah-langkah kegiatan serta merancang penilaian, yang kemudian akan dijadikan sebuah RPP dan SOP. (2) pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Metode bercerita dilakukan pada kegiatan inti dengan menceritakan secara langsung kepada siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa buku cerita ataupun boneka tangan. (3) Evaluasi dilakukan dengan melihat respon peserta didik terhadap cerita yang disampaikan dan hasil pengerjakan tugas dengan menilai baik dan tidak baik suatu aktifitas pada gambar, kemudian menceritakan secara langsung di depan kelas. Meskipun metode bercerita efektif dalam perkembangan bahasa peserta didik di RA, akan tetapi masih memiliki kendala yang dapat menghambatnya. Kendala tersebut yakni kesulitan membuat cerita yang baik. Sehingga disarankan untuk guru dalam memilih cerita yang baik dan menarik agar dapat memberikan motivasi peserta didik untuk belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183112 Elsa nilasari
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:29
Last Modified: 03 Feb 2023 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32615

Actions (login required)

View Item View Item