PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR

SILMIYATUL MUFIDATUR ROFIQOH, 12201173330 (2023) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha terhadap Kecerdasan Spiritual dan Emosional Peserta Didik Kelas VII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar” ini ditulis oleh Silmiyatul Mufidatur Rofiqoh, NIM 12201173330, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembiasaan Shalat Dhuha, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses modernisasi di bidang pendidikan yang terus berjalan, namun tidak dibarengi dengan perilaku dan moral yang baik. Sehingga akan menimbulkan kemerosotan moral yang sangat membahayakan bangsa Indonesia. Salah satu upaya membekali diri untuk para peserta didik ini yaitu dengan menerapkan kegiatan ibadah, khususnya shalat dhuha. Pembiasaan shalat dhuha dalam lingkungan sekolah seperti yang dilaksanakan di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar ini, akan memberikan bekal kepada peserta didik dengan kecerdasan spiritual dan emosional yang dimiliki agar dapat menyeimbangkan diri dengan modernisasi. Karena seorang manusia sering merasa kehilangan arah, sehingga ia akan dapat berpegang teguh dan senantiasa kembali kepada Tuhannya. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual dan emsional peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui deskripsi pembiasaan shalat dhuha, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar (2) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual peserta didik kelas VII MTs Al￾Muslihuun Tlogo Blitar (3) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar (4) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar dan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Adapun teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Probability Sampling dengan tipe simple random samping. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif, uji regresi linier sederhana dan uji manova yang dibantu dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pada variabel X, skor terendah 69, skor tertinggi 98, mean 86.40, median 86.50, modus 93 dan standar Deviasi 6.721. Pada variabel Y1, skor terendah adalah 69, skor tertinggi 99, mean 86.40 dan Standar Deviasi 6.721. Pada variabel Y2, skor terendah 70, Skor Tertinggi 98, Mean 84.52 dan Standar Deviasi 7.271; (2) ada pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual peserta didik, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05; (3) Ada pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan emosional peserta didik, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05; (4) Ada pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik, ditunjukan dengan nilai Pillai’s Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root adalah 0,002 ˂ 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Silmiyatul 12201173330 Silmiyatul Mufidatur Rofiqoh
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:49
Last Modified: 07 Feb 2023 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

View Item View Item