INDIYANTI, 128512203020 (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs NEGERI 7 NGANJUK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul ” Pengembangan Buku Ajar Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs Negeri 7 Nganjuk “ ini ditulis oleh Indiyanti dengan pembimbing (1) Dr. Dewi Asmarani, M.Pd (2) Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Buku Ajar, Higher Order Thinking Skills, Berpikir kritis siswa, Tren lapangan pekerjaan baru telah menggantikan tren pekerjaan lama yang berbasis manual manusia. Pekerjaan baru di masa depan berbasis teknologi digital, sehingga kebutuhan masa depan adalah lulusan dari madrasah formal maupun non formal yang mempunyai skill analitis yang dapat berpikir kritis untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada seiring perkembangan zaman. Pembuatan buku ajar yang valid, praktis dan efektif serta sesuai dengan kebutuhan siswa merupakan satu cara untuk menumbuhkan sikap berpikir ktitis secara mandiri. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan buku ajar matematika yang valid, praktis dan efektif. (2) mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar matematika pada materi aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap kemampuan berpikir krisis siswa kelas VII MTs Negeri 7 Nganjuk Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg ang Gall. Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan buku ajar, angket respon siswa dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII MTsN 7 Nganjuk. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan menggunakan SPSS. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa Buku Ajar Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang valid dengan hasil validasi ahli materi sebesar 87% dan validasi ahli media sebesar 85 %, praktis berdasarkan hasil angket respon siswa yang bersifat posistif sebesar 89 %. Efektikf berdasarkan data hasil analisis nilai post test dengan menggunakan uji t, berdasarkan hasil uji t didapatkan hasil pembelajaran menggunakan buku ajar yang dikembangkan mempunyai perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis yang signifikan dibandingkan kelas yang tidak menggunakan buku ajar yang dikembangkan dengan nilai sebesar 0,001atau < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan buku ajar yang dikembangkan dan hasil belajar siswa yang menggunakan buku ajar yang ada pada madrasah.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | THESIS 128512203020 INDIYANTI |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 08:02 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 08:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32653 |
Actions (login required)
View Item |