PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

WILDA KELANA RIKMAWATI, 12204183281 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul" Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung" ini ditulis oleh Wilda Kelana Rikmawati, NIM.12204183281, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, yaitu guru berperan aktif saat pembelajaran berlangsung dan siswa hanya mendengarkan penyampaian materi. Sehingga, diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw. Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw adalah bentuk pembelajaran kelompok yang setiap anggotanya menguasai materi yang sudah dibagikan dan menyampaikan ke temannya sesuai apa yang sudah dipahami. Tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Falah yang berjumlah 183 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa dan VIII-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji manova dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung (2) Ada Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung (3) Ada Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183281 Wilda Kelana Rikmawati
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:37
Last Modified: 08 Feb 2023 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32694

Actions (login required)

View Item View Item