AHMAD FAZA FIDAROINI, 12205183289 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (948kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Ahmad Faza Fidaroini NIM 12205183289. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MI Riyadloyul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Uneversitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr.Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Kesulitan Belajar. Lemahnya minat baca, tulis, dan hitung (calistung) di kalangan peserta didik setingkat sekolah dasar dikarenakan ketertarikan mereka terhadap gadget dan media sosial. Terbukti bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih menempati urutan ke 60 dari 61 negara menurut survei yang dilakukan oleh UNESCO. Faktor lain ialah kurang efektifnya strategi guru dalam menanamkan kebiasaan atau tradisi calistung di lingkungan madrasah, perpustakaan tidak difungsikan secara optimal, serta lingkungan belajar yang tidak berbasis literasi. Peneliti menemukan fakta melalui observasi bahwa masih terdapat 2 siswa dari 32 siswa kelas 2 Mi Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tejotangan yang belum lancar calistung. Asumsi peneliti bahwa dengan adanya strategi guru yang efektif dan inovatif dalam mengatasi kesulitan akan diperoleh perubahan prestasipembelajaran yang baik pada peserta didik khususnya pada pelajaran calistung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa di Mi Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tejotangan? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa di Mi Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung siswa di Mi Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, pelaksanaan program les tambahan kepada 15 siswa kelas 2 dilaksanakan seminggu sekali pada hari Kamis di kelas masing- masing dan melakukan evaluasi pembelajaran melalui rapat khusus guru kelas 2 setiap akhir bulan. Kedua, memutar video “kiat sukses belajar calistung” melalui audio visual LCD proyektor, dan menggunakan media gambar angka 0-100 serta media gambar huruf abjad A-Z. Ketiga, peningkatan hafalan 15 kosa kata tiap hari, praktik membaca lancar 10 menit, dan program “baca khusus” untuk kelas remedial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183289 AHMAD FAZA FIDAROINI |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:22 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32713 |
Actions (login required)
View Item |