RAHMA DEWI FITRIANI, 12205183307 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI DARUL HUDA POJOK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa masih banyak siswa siswa SD/MI kurang minat membaca pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini akan berdampak pada minat membaca siswa, sehingga guru harus menggunakan strategi sebagai acuan untukmelangsungkan proses pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran SKI Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darul Huda Pojok? (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada mata pelajaran Sejarah Kebuayaan Islam di MI Darul Huda Pojok? (3) Bagaimana hasil strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darul Huda Pojok? Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MI Darul Huda Pojok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi Hasil penelitian mengungkapkan (1) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada mata pelajaran SKI di MI Darul Huda Pojok yaitu guru menggunakan berbagai metode, memberikan nasehat kepada siswa, memperbanyak kegiatan literasi, dan memberikan reward kepada peserta didik, (2) Faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darul Huda Pojok yaitu adanya koleksi buku Sejarah Kebudayaan Islam di perpustakaan, adanya pojok baca, buku siswa dan buku guru sebagai penunjang, dukungan dari orangtua siswa, guru Sejarah Kebudayaan Islam mengajar dengan konsisten, sabar, dan professional, sedangkan Faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darul Huda pojok yaitu minimnya variasi buku Sejarah Kebuayaan Islam baik di perpustakaan atau di pojok baca kelas, beberapa siswa belum lancar membaca, orangtua sibuk bekerja, (3) Hasil strategi guru dalam mningkatkan minat baca pada mata pelajaran Sejarah Kebuayaan Islam di MI Darul Huda Pojok yaitu mampu meningkatkan minat baca siswa, prestasi siswa meningkat, siswa semakin percaya diri, siswa antusias membaca baik di perpustakaan maupun di pojok baca kelas, hubungan antara siswa baik dengan guru maupun orangtua semakin dekat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183307 RAHMA DEWI FITRIANI |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32890 |
Actions (login required)
View Item |