ERNI YUZALINA, 12208183018 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (770kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII MTSN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Erni Yuzalina NIM. 12208183018 pembimbing Ifah Silfianah,M.Pd. Kata kunci : Minat belajar, Hasil belajar Penelitian ini didasari oleh pembelajaran IPA yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi yang dilakukan masih terlihat pasif, interaksi antara guru dan siswa terjadi hanya satu arah, hanya guru yang berperan aktif, sedangkan siswa pasif, dan kurang respon. Guru sudah berusaha melibatkan siswa, namun siswa hanya menerima saja apa yang disampaikan oleh guru. Peneliti memilih model pembelajaran tipe jigsaw ini karena salah satu alternatif untuk menaikkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran. Pembelajaran ini memprioritaskan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan mengarahkan bekerja sama untuk mencapai pemahaman yang benar dalam suatu materi. Siswa juga dapat berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah pada materi pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini sesuai dengan materi ekskresi yang memiliki beberapa bagian materi yang dapat dibagi-bagi karena pada model pembelajaran tipe jigsaw ini terdiri dari dua jenis kelompok yaitu kelompok asal dan kelompok ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental The Non-equivalent Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. dengan menggunakan teknik sampling yaitu Purposive sampling,teknik penggumpulan data yang digunakan adalah angket minat dan tes hasil belajar. Uji yang dilakukan antara lain uji t test dan uji manova. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw teradap minat siswa pada materi sistem ekskresi. (2) Untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw teradap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. (3) Untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi sitem ekskresi kelas VIII MTsN 5 Tulungagung Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan metode kooperatif Jigsaw berpengaruh terhadap minat belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang ditunjukkan oleh hasil uji independent sample T-test dengan nilai signifikansi = 0,000<0,05. (2) Penggunaan metode kooperatif Jigsaw berpengaruh terhadap Hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang ditunjukkan oleh hasil uji independent sample T-test dengan nilai signifikansi = 0,000<0,05. (3) Penggunaan metode kooperatif Jigsaw berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang ditunjukkan oleh hasil uji Manova dengan nilai signifikansi = 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183018 ERNI YUZALINA |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:43 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32931 |
Actions (login required)
View Item |