SHINTA NUR ALVIYAH, 12204183001 and Beni Asyhar, - (2023) PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN GAYA BELAJAR KELAS VIII A SMP NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penalaran matematis membantu siswa dalam membangun gagasan baru serta melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penalaran siswa dapat dilihat dari gaya belajar siswa. Dengan mengetahui gaya belajar siswa maka guru adapat merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa. Kemampuan penalaran siswa SMPN 5 Tulungagung pada materi SPLDV masih mengalami kesulitan. Beberapa siswa masih sering bertanya kepada gurunya maksud dari soal cerita tersebut dan bagaimana penyelesaianya. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) kelas VIII A SMP Negeri 5 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) kelas VIII A SMP Negeri 5 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) kelas VIII A SMP Negeri 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, tes dan wawancara. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang diambil ada enam siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Tulungagung yaitu dua siswa dengan gaya belajar auditorial, dua siswa dengan gaya belajar visual dan dua siswa dengan gaya belajar kinestetis. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu menduga cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal, namun kurang bisa menyelesaikan soal SPLDV dengan baik. (2) Siswa dengan gaya belajar visual mampu menduga cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal, memahami langkah-langkah atau cara yang bisa digunakan dalam menyelesaikan soal ini. Mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara atau metode sampai menarik kesimpulan dari penyelesaian yang telah dilakukan dan mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menduga cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal, namun tidak menuliskannya di lembar jawaban. Memahami langkah-langkah atau cara yang bisa digunakan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Mampu membenarkan jawaban yang diperolehh dengan cara substitusi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Matematika > Linear |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183001 Shinta Nur Alviyah |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 08:49 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32941 |
Actions (login required)
View Item |