STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG

MIFTAKHUL JANNAH, 12205173210 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika SDI Al-Munawwar Tulungagung,” ditulis oleh Miftakhul Jannah, NIM. 12205173210, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar, Media Tiga Dimensi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran matematika yang sering dianggap menjadi salah satu pembelajaran yang susah dan menyulitkan. Maka penting dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran yang mampu mendukung sebagai stimulus, salah satu dengan menggunakan media tiga dimensi. Media ini merupakan media pembelajaran dengan basis benda mati yang langsung bisa dilihat oleh siswa dan juga dapat menjadi contoh secara langsung, sehingga siswa akan lebih kreatif dan mampu mencerna materi pembelajaran lebih baik lagi daripada tanpa menggunakan media. Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model padat di SDI Al-Munawwar Tulungagung?. 2)Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model susun di SDI Al-Munawwar Tulungagung? 3)Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model penampang di SDI Al-Munawwar Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model padat di SDI Al-Munawwar Tulungagung. 2)Untuk mengetahui strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model susun di SDI Al-Munawwar Tulungagung. 3) Untuk mengetahui strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model penampang di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah kualitatif, ditujukan untuk memahami fenomena tentang apa saja yang terjadi di lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada sesuai dengan fakta. Hasil penelitian ini yaitu 1) Strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model padat di SDI Al-Munawwar Tulungagung untuk melatih kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. 2) Strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model susun di SDI Al-Munawwar Tulungagung untuk meningkatkan ataupun menghasilkan nilai yang maksimal bagi peserta didik. 3) Strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi model penampang di SDI Al-Munawwar Tulungagung bertujuan untuk meningkatkan ataupun menghasilkan nilai yang maksimal bagi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173210 MIFTAKHUL JANNAH
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:52
Last Modified: 22 Feb 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32980

Actions (login required)

View Item View Item