Suharti, Mamik (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dan Motivasi Terhadap Kreativitas Berfikir Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
A.12 ABSTRAK.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Motivasi dan Kreativitas Berfikir Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, metode atau teknik yang banyak melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran, baik secara mental, fisik maupun sosial. Selain itu guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang dapat merangsang minat atau perhatian sehingga merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara model pembelajaran problem posing dan motivasi dalam kaitannya dengan kreativitas berfikir siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi penerapan model pembelajaran problem posing, motivasi dan kreativitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014 ? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing terhadap kreativitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014 ? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian motivasi terhadap kreativitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014? (4) bagaimana pengaruh model pembelajaran problem posing dan pemberian motivasi secara bersama-sama terhadap kreativitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014 ? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) Deskripsi penerapan model pembelajaran problem posing, motivasi dan kreatifitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014. (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing terhadap kreatifitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014. (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian motivasi terhadap kreatifitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014. (4) Deskripsi apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing dan pemberian motivasi terhadap kreatifitas berfikir matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2013/2014. xviii Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode tes digunakan untuk mendapatkan nilai tingkat kreativitas berfikir siswa, metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa SMP Negeri 1 Simbergempol yang digunakan sebagai sampel penelitian, sedangkan metode dokumentasi , observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Pola penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dan pemberian motivasi terhadap kreativitas berfikir matematika siswa. Dengan variabel terikatnya adalah kreativitas berfikir dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran problem posing dan motivasi. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling (sampel acak kelompok) ialah sampel acak sederhana dimana setiap sampling ini terdiri dari kumpulan atau kelompok elemen. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 61 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung pada tanggal 17 – 24 februari 2014. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan anava dua jalur. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Fhitung = 36,038 dan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 57 diperoleh nilai Ftabel = 4,01. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 36,038 ≥ 4,01 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,000 ≤ 0,05, H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kreativitas berfikir siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Selanjutnya, Fhitung = 11,664 dan taraf signifikansi 0,001. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 57 diperoleh nilai Ftabel = 4,01. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 11,664 ≥ 4,01 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,001 ≤ 0,05, H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi terhadap kreativitas berfikir siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Yang terakhir, Fhitung = 10,535 dan taraf signifikansi 0,002. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 57 diperoleh nilai Ftabel = 4,01. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 10,535 ≥ 4,01 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,002 ≤ 0,05, H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing dan Motivasi terhadap kreativitas berfikir siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 07:45 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/330 |
Actions (login required)
View Item |