ZILFINA LATIFATUL QURO'AH, 12202183101 (2023) PENERAPAN SISTEM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DALAM MAHARAH KALAM SANTRI PONDOK MODERN DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022-2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
Zilfina Latifatul Quro’ah, Nomor Induk Mahasiswi:12202183101, Penerapan Sistem Lingkungan Berbahasa Arab dalam Maharah Kalam Santri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun Ajaran 20222023, Penelitian Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I Kata Kunci: Lingkungan Berbahasa Arab, Maharah Kalam Latar Belakang: Sebuah penelitian mengatakan bahwasannya anak-anak yang tinggal di lingkungan berbahasa tertentu akan jauh lebih cepat dan lebih mudah untuk belajar bahasa dari pada anak-anak yang berada di luar lingkungan berbahasa. Berdasarkan informan yang didapatkan bahwasanya Pondok Modern Darul Hikmah merupakan satu-satunya pondok di Tulungagung yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan pondok pesantren lainnya. Keistimewaan yang dimiliki Pondok Modern Darul Hikmah berupa penerapan lingkungan kebahasaan (bahasa Arab maupun bahasa Inggris) dalam kehidupan sehari-hari untuk seluruh santri, guru serta pengurus yang ada di pondok. Berarti, Pondok Modern Darul Hikmah merupakan salah satu Lembaga yang menggunakan sistem Biah Lughowiyah (Lingkungan Kebahasaan) dalam menunjang peningkatan maharah kalam bagi santri agar menjadi lebih baik, fasih dan benar. Lingkungan berbahasa terbukti menjadi sarana utama dalam pengembangan pembelajaran ketrampilan berbahasa Arab. Untuk itulah lingkungan berbahasa yang ada di Pondok Modern Darul Hikmah merupakan lingkungan berbahasa yang produktif untuk mengembangkan salah satu keterampilan khususnya pada keterampilan berbicara. Maka, peneliti ingin mengetahui analisis Lingkungan kebahasaan santri dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Pondok Modern Darul Hikmah. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana proses proses pembentukan Lingkungan Kebahasaan dalam maharah kalam santri Pondok Modern Darul Hikmah? 2) Bagaimana upaya pengurus-pengurus pondok dalam pembentukan Lingkungan kebahasaan di Pondok Modern Darul Hikmah? 3) Bagaimana penerapan sistem kebahasaan di Pondok Modern Darul Hikmah dalam maharah kalam santri? Tujuan Penelitian: 1) untuk mengetahui proses pembentukan Lingkungan Kebahasaan dalam peningkatan maharah kalam santri Pondok Modern Darul Hikmah? 2) untuk mengetahui upaya pengurus-pengurus pondok dalam pembentukan Lingkungan kebahasaan di Pondok Modern Darul Hikmah? 3) untuk mengetahui penerapan sistem kebahasaan di Pondok Modern Darul Hikmah dalam maharah kalam santri? Metodologi Penelitian: penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan pendekatan fenomenologi bersifat deskriptif. Adapun tempat penelitian ini adalah di Pondok Modern Darul Hikmah Jl. Kh. Abu Mansur I Desa Tawangsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Metode Analisis Data: Reduksi Data, Penyajian data, Kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Proses pembentukan Lingkungan Kebahasaan dalam meningkatkan maharah kalam yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan kebahasaan yang berjalan setiap hari, mingguan, bulanan bahkan satu tahun sekali. Seperti: Ilqo’ mufrodat, Muhadastah, Muhadhoroh, dll. 2) Upaya penguruspengurus Pondok Modern Darul Hikmah dengan mewajibkan seluruh santri, pengurus serta gurunya untuk menggunakan Bahasa Arab dalam komunikasi keseharian dan melarang berdialog dengan menggunakan Bahasa Daerah. 3) Penerapan sistem kebahasaan di pondok ini dengan membagi menjadi dua Biah yaitu dengan penggunaan bahasa Arab dan Inggris di gunakan secara bergantian, untuk dua minggu pertama menggunakan bahasa Arab dan minggu selanjutnya menggunakan bahasa Inggris begitu terus selanjutnya secara bergantian. Dan untuk pelanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan kriteria yang telah dilanggar, apakah termasuk pelanggaran ringan, sedang atau berat. Sedangkan bagi santri berprestasi akan diberi penghargaan atau reward dari pengurus bagian Bahasa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S1 12202183101 Zilfina Latifatul Quro'ah |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 03:32 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33011 |
Actions (login required)
View Item |