EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSI PEMAIN MOBILE LEGENDS PADA UINSAR E-SPORT TULUNGAGUNG

RAKA ARDHIYA MAHARDI, 17306163093 (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSI PEMAIN MOBILE LEGENDS PADA UINSAR E-SPORT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Raka Ardhiya Mahardi, NIM 17306163093. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Pemain Mobile Legends Pada UINSAR E-Sports. Pembimbing Hj.Uswah Wardiana, M.Si. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Kematangan Emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan kematangan emosi pemain mobile legends pada anggota komunitas UINSAR E-Sports. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kematangan emosi bagi anggota komunitas dalam menghadapi perkembangan dunia E-Sports dalam lingkup amatir maupun profesional. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan metode One Group Pretest Posttest Design. Purposive sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel dalam penelitian ini. Lima responden yang termasuk dalam kelompok terbawah dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Skala Likert yang digunakan dalam penelitian ini memiliki 40 item yang valid, sesuai dengan hasil uji validitas. 40 pertanyaan survei reliabel menurut pengukuran uji reliabilitas yaitu berdasarkan dasar pengambilan keputusan 5% senilai 0,964 > 0,60 (rtabel = 0,312). Uji normalitas memiliki nilai sig 0,200 > 0,05 yang menunjukkan bahwa dilakukan dengan benar. Uji homogenitas juga menghasilkan nilai 0,397 yang menunjukkan bahwa varian tidak berubah. Dengan menggunakan Paired Samples T Test, mengukur tingkat kematangan emosi pemain mobile legends pada UINSAR E-Sports menghasilkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 0,05. Ini menunjukkan penerimaan Ha. Berdasarkan hasil tersebut, menjelaskan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kematangan emosi pemain mobile legends pada komunitas UINSAR E-Sports.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163093 Raka Ardhiya Mahardi
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:59
Last Modified: 03 Mar 2023 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33125

Actions (login required)

View Item View Item