LINA RAHAYU PURNAMASARI, 12204173132 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) BERBANTUAN MODUL TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (815kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With a Question Berbantuan Modul terhadap Self-Efficacy dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMPN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Lina Rahayu Purnamasari, NIM. 12204173132, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Learning Start With a Question (LSQ), Self-Efficacy, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan model pembelajaran yang bersifat teoritis dan ceramah. Dimana dalam proses pembelajarannya kegiatan siswa cenderung mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan tugas. Keadaan tersebut membosankan bagi siswa, akibatnya siswa menjadi pasif dan cenderung kurang yakin akan kemampuannya. Hal tersebut berdampak pula pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan keyakinan siswa. Model learning start with a question (LSQ) berbantuan modul merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa aktif di kelas dan mampu meningkatkan selfefficacy siswa. Didukung dengan adanya modul yang merupakan bahan ajar yang paling efektif, menarik dan mudah dipelajari siswa sehingga akan berpengaruh terhadap selfefficacy dan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran LSQ berbantuan modul terhadap self-efficacy siswa. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran LSQ berbantuan modul terhadap hasil belajar matematika. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran LSQ berbantuan modul terhadap self-efficacy dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran LSQ. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran LSQ berbantuan modul terhadap self-efficacy siswa pada materi statistika di kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Dengan hasil uji independent t-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,030. (2) Ada pengaruh model pembelajaran LSQ berbantuan modul terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika di kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Dengan hasil uji independent t-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,000. (3) Ada pengaruh model pembelajaran LSQ berbantuan modul terhadap self-efficacy dan hasil belajar pada materi statistika di kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh sig. 0,002.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173132 Lina Rahayu Purnamasari |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:20 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33164 |
Actions (login required)
View Item |