LANAL MAILA ZULFA, 12209173063 (2023) PENERAPAN METODE FIELD TRIP PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (659kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan Metode Field Trip pada Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru” ini ditulis oleh Lanal Maila Zulfa, NIM.12209173063, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd, Kata kunci: Penerapan, Metode Field Trip, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru khususnya pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), metode yang dipakai guru IPS masih memakai metode ceramah yang mana para siswa merasa bosan dengan mendengarkan materi dari guru saja. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba untuk menerapkan metode Field Trip untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru dan membantu guru dalam penyampaian materi dan pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan, dana evaluasi menggunakan metode Field Trip pada pembelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru? Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode Field Trip untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus pertama untuk pertemuan ke-1 dan siklus ke 2 untuk pertemuan ke-2 dan 3. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian menurut Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru dengan subjek siswa dari kelas VII. Penelitian ini terdiri beberapa tahap: perencanaan, pelakasanaan dan evaluasi, data dari penelitian ini berdasarkaan hasil pengamatan, wawancara, post-test dan pre-test. Kemudian data dianalisis secara kualitatif untuk keperluan evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, pemberian pertanyaan, dan hasil tes atas penerapan pembelajaran dengan metode Field Trip dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Data-data secara kualitatif menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes ujian individual pos-tes siklus II pada pertemuan ke-3 terjadi peningkatan yang signifikan, mulai dari siklus I pertemuan ke 1 sebanyak (82,2 %) 37 siswa yang nilai nya dibawah KKM. sedangkan (17,7 %) hanya 8 siswa yang nilainya diatas KKM. Setelah di lakukannya tindakan dengan dengan menggunakan metode Field Trip selama siklus II pada pertemua ke-2 terjadi peningkatan sebanyak (77,7 %) atau sebanyak 35 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan sebanyak (26,6 %) atau sebanyak 12 siswa siswa yang masih mendapat nilai dibawah KKM, dengan nilai rata-rata (85), hal ini menunjukkan (60%) siswa berhasil mempelajari materi dan memahami Manusia, Tempat, dan Lingkungan dengan menerapkan metode Field Trip.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209173063 LANAL MAILA ZULFA |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 08:13 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 08:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33294 |
Actions (login required)
View Item |