ASNA LUTFIATUL ULFA, 17505164010 (2023) UPAYA PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA (Studi Multisitus di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (363kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Upaya Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca (Studi Multisitus di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar)” ini ditulis oleh Asna Lutfiatul Ulfa dengan dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. dan Dr. H. Elfi Muawanah, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Pengelolaan, Perpustakaan, Minat baca Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah prosedur pengajaran didalam kelas yang dilakukan secara efektif tentu saja dapat berpengaruh positif terhadap terbinanya kemampuan siswa untuk berpikir selagi membaca. Disamping itu, prosedur pengajaran yang baik dapat meningkatkan minat baca siswa untuk memperoleh informasi dan mengisi waktu luang. Selain mencerdaskan, membaca memberikan pengalaman yang tiada ternilai. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut, sekolah harus mempunyai sumber belajar, salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa yang memegang peranan sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana upaya pengelolaan perpustakaan dari segi pemberian pinjaman buku dalam meningkatkan minat baca di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar?; (2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar?; (3) Bagaimana upaya pengelolaan perpustakaan dari segi koleksi buku dalam meningkatkan minat baca di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk memperkaya khazanah ilmiah tentang fenomena perpustakaan yakni dengan memahami pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca. Selain itu juga sebagai masukan bagi lembaga perpustakaan dalam rangka upaya meningkatkan minat baca melalui pengelolaan perpustakaan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Upaya pengelola perpustakaan dari segi pemberian pinjaman buku dalam meningkatkan minat baca di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dilakukan melalui: mempermudah dalam prosedur peminjaman buku, memberikan pelayanan pinjaman dengan komunikatif, serta peningkatan SDM di perpustakaan. Sedangkan di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dilakukan melalui: mempermudah dalam prosedur peminjaman buku, memberikan pelayanan dengan ramah dan komunikatif serta peningkatan SDM di perpustakaan. (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dilakukan melalui: memiliki pojok buku, diadakan kegiatan literasi, serta lokasi yang strategis. Sedangkan di MI Unggulan Darussalam dilakukan melalui: tata ruang yang menarik dan nyaman, memiliki pojok buku, serta lingkungan yang tenang dengan fasilitas yang memadai. (3) Upaya pengelola perpustakaan dari segi koleksi buku dalam meningkatkan minat baca di SDI Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar dilakukan melalui: meningkatkan ragam koleksi buku perpustakaan, melibatkan guru dalam menambah ragam buku, penambahan koleksi buku dari pemberian setiap siswa. Sedangkan di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dilakukan melalui: meningkatkan ragam koleksi buku perpustakaan, melibatkan guru dalam pemilihan koleksi buku perpustakaan dan meningkatkan anggaran untuk koleksi buku perpustakaan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 17505164010 ASNA LUTFIATUL ULFA |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 07:27 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33316 |
Actions (login required)
View Item |