TRI EKA SAPUTRI, 12205183226 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA PESERTA DIDIK DI MI AL-QUR’AN JABALKAT SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (235kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Peserta Didik Di MI Al-Qur’an Jabalkat Sumbergempol Tulungagung” di tulis oleh Tri Eka Saputri, NIM.12205183226, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing H. Muh. Nurul Huda. M.A. Kata Kunci: Peran Guru, Nilai Karakter, dan Bahasa Jawa Penelitian ini dilatar belakangi oleh lunturnya nilai karakter pada siswa di jaman yang modern ini. Sehingga banyak anak yang kurang memiliki sikap sopan santun kepada teman sebaya maupun yang lebih tua. Guru dalam pembelajaran berperan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Dalam hal ini, seorang guru juga dituntut untuk selalu membentuk karakter melalui pembelajaran bahasa Jawa, dalam rangka mampu memberikan dampak positif pada peserta didik terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait focus penelitian yaitu: 1)Bagaimana peran guru sebagai demonstator dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al- Qur'an Jabalkat Sumbergempol Tulungagung, 2)Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al-Qur'an Jabalkat Sumbergempol Tulungagung, 3)Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al-Qur'an Jabalkat Sumbergempol Tulungagung. Untuk dapat mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan kejadian sesuai kenyataan dilapangan. Sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara semi tersetruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penyajian hasil temuan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai demonstator dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al-Qur'an Jabalkat yaitu sebagai pemberi metode belajar yang tepat, pengelola pembelajaran secara efektif dan efesien, pembimbing serta panutan siswa dalam berperilaku. 2) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al-Qur'an Jabalkat yaitu sebagai pemberi motivasi kepada siswa, pemerjelas tujuan pembelajaran, dan pembangkit minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa jawa. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al-Qur'an Jabalkat yaitu sebagai perumus tujuan diadakannya evaluasi, pelaksana evaluasi, dan pengamat dalam evalusi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183226 TRI EKA SAPUTRI |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:33 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33445 |
Actions (login required)
View Item |