KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Di MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Multi Situs Di SMP Negeri 1 Kalidawir & SMP Negeri 2 Kalidawir)

FITRI YUNIA SARI, 12506174027 (2023) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Di MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Multi Situs Di SMP Negeri 1 Kalidawir & SMP Negeri 2 Kalidawir). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis denga judul ‘’Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 Kalidawir & SMP Negeri 2 Kalidawir)’’, ini ditulis oleh Fitri Yunia Sari dengan dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam M.Pd.I dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam yang diharapkan dapat menjawab tantangan zaman dengan kondisi maraknya degradasi moral di masa pandemic covid-19. Masalah ini haruslah segera ditangani dan mendapat solusi yang tepat demi menjaga generasi penerus bangsa yang bermartabat. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam perlu dikemas secara komprehensif dan mampu menyentuh kesadaran peserta didik untuk menjadi hamba yang beriman dan beramal shaleh. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang guru harus kreatif dalam melaksanakan pembelajaran agar peserta didik ikut aktif dan tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Pertanyaan penelitian dalam Tesis ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemic di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam pengembangan metode pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemic di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam pengembangan evaluasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemic di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir? Tesis ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir (2) Mengetahui kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir (3) Mengetahui kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kulaitatif dengan rancangan multi situs di SMP Negeri 1 Kalidawir dan SMP Negeri 2 Kalidawir. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data diawali dari Reduksi Data, Penyajian Data, Pengambilan Kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Kreativitas guru pada pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemic covid-19 yaitu dengan memanfaatkan penggunaan buku, power point dan juga google classroom dalam proses pembelajaran. Guru menggunakan power point dan google classroom untuk memudahkan siswa dalam belajar memahami materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif (2) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam pada pengembangan metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan isi materi pembelajaran, keadaan siswa, serta memggunakan metode pembelajaran dengan baik sehingga siswa semangat dan tertarik dalam belajar (3) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam pada pengembangan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan memilih dan menggunakan bentuk evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan isi materi pembelajaran, keadaan siswa dan juga ketersediaan sarana dan prasarana. Pada kegiatan pembelajaran di masa pandemic covid-19 ini guru memaksimalkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan tes tulis, tes lisan dan juga tes online dengan menggunakan google classroom maupun google form untuk memudahkan melaksanakan penilaian serta meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Covid-19
Pendidikan > Guru
Pandemi
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174027 FITRI YUNIA SARI
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:48
Last Modified: 28 Mar 2023 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33468

Actions (login required)

View Item View Item