ELVITA SARI, 17506164022 (2023) PENERAPAN METODE MURAJAAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Putra Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (668kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Elvita Sari, 17506164022, “Penerapan Metode Murajaah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur‟an Santri (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Putra Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung)”, Tesis 2018, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Sokip, M.Pd., dan Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Muraja’ah Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh menjaga keautentikan Alqur‟an suatu keharusan bagi umat muslim. Melihat terjadi suatu fenomena adanya huruf hijaiyah dalam Al-Qur‟an yang dipalsukan atau tidak sengaja keliru dalam penulisannya. Mengingat stabi‟at sebagai manusia adalah tempatnya salah dan lupa.Oleh karena itu, salah satu cara untuk menjaga Al-Qur‟an dengan cara menghafalkan Al-qur‟an. Yang mana untuk menjaga Al-qur‟an menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah metode muraja‟ah. Berdasarkan latar belakang diatas, pertanyan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Ponpes. Putra Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung? (2) Bagaimana bentuk penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Ponpes. Putra Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. AlHidayah Tulungagung? (3) Bagaimana keberhasilan penerapan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Ponpes. Putra Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung?. Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Ponpes. Putra Menara AlFattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penerapan metode murajaah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Ponpes. Putra Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung. (3) Untuk mengetahui keberhasilan dari penerapan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Ponpes. Putra Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus, lokasinya di Ponpes. Putra Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas.Hal ini dikarenakan derajat tersebut sudah mencukupi kapasitas dalam pengecekan keabsahan data pada penelitian ini. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama: Proses penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri dilakukan melalui program yang diterapkan di pondok pesantren dan juga santri melakukan lalaran sendiri. Penggunaan metode muraja‟ah di pondok pesantren dilakukan melalui kegiatankegiatan yang tersusun sebagai kegiatan wajib pondok pesantren. Selain itu santri juga senantiasa melakukan muraja‟ah individu dengan cara nderes. prosesnya dilakukan dengan berbagai macam cara. prosesnya dimulai dari hafalan setiap individu dengan target, kemudian disetor hasil dari hafalannya kepada Kiai dan bu Nyai, setelah penyetoran hafalan dilanjutkan dengan deresan/mengulang kembali secara individu, kemudian setoran kembali dengan hafalan-hafalan sebelumnya secara keseluruhan atau seperempatnya kepada Kiai/Ustadz/Ustadzah. Kedua: Bentuk penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Sorogan, Santri diwajibkan untuk mengikuti sorogan sebanyak 2 kali dalam sehari. Yakni seusai sholat subuh dan seusai sholat ashar. Kholasan, Kegiatan Kholasan dilakukan setiap hari Jum‟at dengan cara santri menyetorkan kembali hafalan yang telah disetorkan dalam 1 minggu. Deresan wajib, Kegiatan tersebut dilakukan pukul 20.30-22.00 WIB. Dimana santri wajib melalar hafalan yang dimiliki masing-masing. Sema‟an, Kegiatan yang dilakukan secara berpasangpasang. Setiap santri diwajibkan melalar 1 juz secara bergantian untuk disimak. Ketiga: Keberhasilan penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri ponpes. Putra Menara Al-Fattah Putri mangunsari tulungagung dan Ponpes. Al-Hidayah Tulungagung sama-sama diindikasikan dengan kesiapan santri mengikuti sorogan dan kelancaran santri mengikuti sema‟an.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164022 ELVITA SARI |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33481 |
Actions (login required)
View Item |