Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru (Studi Multi Situs di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung

Ahmad Syarifuddin, 28411034003 (2016) Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru (Studi Multi Situs di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER CS.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Syarifudin, AHmad. 2015. Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru (Studi Multi Situs di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, (2) Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: kebijakan, kepala madrasah, kinerja guru Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh seorang guru harus mempunyai kinerja yang bagus dapat membantu dalam perkembangan peserta didiknya. Dan seorang guru juga harus kreatif, profesional, dan menyenangkan. Akan tetapi, pada kenyataan sekarang ini masih terdapat guru-guru yang kurang profesional di bidangnya. Terdapat berbagai masalah dalam pengembangan kinerja seorang guru/pendidik. Di antaranya kurangnya kesejahteraan guru sehingga menjadikan guru tersebut kurang semangat dalam mengajar, guru tidak berkompeten di bidangnya, etos kerja guru rendah/tidak professional atau kurang mempunyai kinerja yang bagus. Dibuktikan dari realitas di lapangan bahwa guru tidak mengetahui kompetensi apa saja yang harus dikembangkan dalam dirinya. Dengan demikian, seorang guru yang progresif harus mengetahui dengan pasti kompetensi yang ada pada guru. penting kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, sehingga sangat diperlukan kebijakan kepada madrasah sangat menentukan kualitas kinerja guru. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana perumusan kinerja guru di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung? 3)Bagaimana langkah-langkah implementasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perumusan kinerja guru di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung dengan jalan: a) Kemampuan merencanakan belajar mengajar dengan jalan guru harus mempersiapkan bahan ajar, perangkat pembelajaran, program semester dan menyusun program pembelajaran. b) Kemampuan melaksanakan kegiatan belajar mengajar yaitu kepala madrasah membuat perumusan kinerja guru yaitu kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran dimulai dari taharp pra intruksional, tahap intruksional dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. c) Kemampuan mengevaluasi, guru selalu membuat analisis akan kebutuhan tenaga baru kami menambah tenaga baru dari pelamar dengan seleksi berdasarkan mutu, d) Program peningkatan kualifikasi pendidikan guru, sesuai dengan peraturan yang berlaku kualifikasi pendidikan guru adalah minimal S1 dari program keguruan. 6) kepala sekolah menganjurkan kepala semua guru untuk melakukan penelitian. 2) Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung dengan jalan: a) Sejalan dengan visi dan misi yakni unggul dalam prestasi dan mulia dalam perilaku, b) Kebijakan di sekolah ini dimusyawarahkan bersama dengan guru-guru khususnya dalam pembuatan kebijakan dalam peningkatan kinerja guru. Beberapa kompetensi pada guru yang harus dikuasai ada empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial, c) Membuat program-program bersama para guru dengan cara guru-guru mengikuti program MGMP, Workshop, pengajian tafsir qur’an secara tekstual, adanya program kursus komputer dan mengadakan acara hipno terapi dengan mendatangkan tutor dari UMM”. 3) Langkah-langkah implementasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung yaitu: a) Pembimbingan bersifat membimbing dan membantu mengatasi kesulitan dan bukan mencari kesalahan. Pada tahap ini guru melatih tingkah laku mengajar berdasarkan komponen keterampilan yang harus dikembangkan. Supervisor mengamati dan mencatat atau merekam tingkah laku guru ketika mengajar berdasarkan komponen keterampilan yang diminta oleh guru untuk direkam. Supervisor dapat juga mengadakan observasi dan mencatat tingkah laku siswa di kelas serta interaksi antara guru dan siswa, Kunjungan dan observasi yang dilaksanakan supervisor bermanfaat untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sebenarnya. b) Bantuan dan bimbingan diberikan secara tidak langsung. Artinya diupayakan agar yang bersangkutan merasa mampu mengatasi sendiri masalahnya. c) Balikan atau saran seharusnya segara diberikan dengan tujuan agar yang bersangkutan segera memahami.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: M.Pd.I 28411034003 Ahmad Syarifuddin
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:46
Last Modified: 04 Aug 2016 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item