PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL – QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

DIANA NAILA ROHMAH, 2817123040 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL – QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN fix.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung” ini di tulis oleh Diana Naila Rohmah, NIM. 2817123040, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Heads Together, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Ma’arif Gendingan tulungagung, di mana hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered heads together dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik, sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana peningkatan minat belajar Al-Qur’an Hadits pada materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits pada materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits pada materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat peserta didik terhadap materi meningkat dalam observasi peserta didik dari siklus I 77,05% kriteria cukup ke siklus II 90,58% dengan kriteria sangat baik , hasil rata-rata dari angket sudah memberikan peningkatan motivasi rata-rata skor siklus I yaitu 1,74 dengan kriteria positif. Sedangkan siklus II rata-rata skor 1,92 dengan kriteria sangat positif. Sedangkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 70,65 (65,71%) dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 83,02 (88,57%) dengan kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan idgham binghunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab peserta didik kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123040 DIANA NAILA ROHMAH
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:05
Last Modified: 19 Sep 2016 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item