PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023

FUADATU ROHMAH, 12201183250 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Fuadatu Rohmah, 12201183250, Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Anissatul Mufarokah, S. Ag, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Akhlak Siswa. Konteks penelitian didasari dengan fenomena semakin merosotnya akhlak siswa seiring perkembangan zaman. Untuk menanggulangi fenomena tersebut diperlukan pembinaan akhlak kepada siswa di lembaga pendidikan. Dalam pembinaan akhlak kepada siswa perlu adanya peran guru akidah akhlak, dimana peran tersebut dilakukan guru dalam aktivitas pembelajarannya. Dengan adanya peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa diharapkan dapat terbentuk siswa yang berakhlak baik sesuai dengan ajaran Islam dalam Al-Quran dan Hadits. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa MTs Al Huda Bandung Tulungagung Aspek Akhlak Kepada Diri Sendiri? (2) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa MTs Al Huda Bandung Tulungagung Aspek Akhlak Kepada Allah? (3) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa MTs Al Huda Bandung Tulungagung Aspek Akhlak Kepada Oranglain? Adapau tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa aspek akhlak kepada diri sendiri, aspek akhlak kepada Allah, dan aspek akhlak kepada oranglain di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Peneliti hadir di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan mengumpulkan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dari Miles dan Huberman dengan lamgkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa aspek akhlak kepada diri sendiri adalah (a) Sebagai pembimbing: Menumbuhkan rasa jujur siswa kepada kepada diri sendiri dengan guru memberikan penjelasan yang mendorong siswa agar mau bertanya pada saat pembelajaran. Membangun rasa percaya diri siswa dengan menyuruh siswa secara bergantian maju kedepan kelas untuk mengerjakan soal dan menulis jawaban di papan tulis. Menumbuhkan disiplin siswa dengan melarang siswa keluar kelas saat pembelajaran, memberi teguran atau hukuman kepada siswa yang ramai saat pembelajaran, kepada siswa yang tidur dikelas, dan kepada siswa yang tidak memakai atribut lengkap. (b) Sebagai pendidik, guru mendidik siswa agar mampu dan terbiasa bertanggungjawab kepada dirinya sendiri dengan memberikan tugas tertulis maupun lisan yang harus dikerjakan siswa. (c) Sebagai penasehat, guru menasehati siswa untuk tidak melakukan hal-hal yang kurang baik yang bisa membuat malu kepada diri sendiri, seperti datang kesekolah dengan terlambat dan mendapatkan hukuman. (d) Sebagai teladan, guru mencontohkan siswa dengan memulai jam pelajaran tepat waktu, memakai atribut sekolah yang lengka dan berkaos kaki, mengenakan seragam yang rapi yang sesuai dengan ketentuan sekolah. (2) Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa aspek akhlak kepada Allah adalah (a) Sebagai pengajar: Menumbuhkan rasa keyakinan adanya Allah dengan guru menyampaikan materi pelajaran disertai dengan bukti nyata yang ada di dunia, dan dengan contoh kejadian disekitar kita yang terjadi atas kuasa Allah. Menumbuhkan rasa syukur siswa atas semua nikmat Allah dengan guru menyampaikan materi pelajaran disertai contoh nikamat-nikmat Allah yang diberikan kepada kita, seperti nikmat sehat, nikmat bisa bersekolah dengan mudah, nikmat bisa bermain, dan lainnya. (b) Sebagai penasehat: Menasehati siswa agar selalu bertawakal kepada Allah dengan menganjurkan siswa agar selalu berserah diri menggantungkan hidupnya hanya kepada Allah. Menasehati siswa agar taat kepada Allah dengan melarang siswa meninggalkan perintah Allah seperti shalat 5 waktu, puasa dibulan Ramadhan, dll. (3) Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa aspek akhlak kepada oranglain adalah (a) Sebagai pengajar, guru mengajarkan siswa tentang materi akhlak terpuji dan akhlak tercela kepada oranglain disertai dengan contoh nyata yag terjadi dilingkungan sekitar. (b) Sebagai teladan: Guru memberikan keteladanan untuk selalu bersikap baik, dan sopan kepada oranglain seperti membungkukkan badan saat lewat didepan orang lain. Guru memberikan keteladanan untuk berkata yang baik dan sopan kepada oranglain seperi berbicara menggunakan bahasa kromo saat berbicara dengan orang yang lebih tua. (c) Sebagai penasehat, guru mengajak siswa untuk membiasakan diri bersikap dan berkata yang baik serta sopan kepada oranglain, memberi teguran kepada siswa saat menunjukkan sikap dan perkataan yang kurang baik kepada oranglain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183250 FUADATU ROHMAH
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:25
Last Modified: 11 Apr 2023 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33783

Actions (login required)

View Item View Item