STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 9 BLITAR

ISMA FIZAH NINDA SAFI’I, 17201163107 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 9 Blitar” ini ditulis oleh Isma Fizah Ninda Safi’i, NIM. 17201163107, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Pembimbing Dr. H. Imam Junaris, S. Ag., M.H.I Kata kunci : Strategi Pembelajaran Guru, Kedisiplinan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi adanya tuntunan guru akidah akhlak yang harus memiliki strategi pembelajaran untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Terdapat strategi dan metode yang digunakan oleh guru. Jika hal tersebut dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung dengan efektif dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Akhidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Negeri 9 Blitar, 2) Hambatan Pembelajaran Ekspositori Guru Akhidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Negeri 9 Blitar, 3) Dampak Pembelajaran Ekspositori Guru Akhidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Negeri 9 Blitar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori guru Akhidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Negeri 9 Blitar, 2) Mendeskripsikan hambatan pembelajaran ekspositori guru Akhidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Negeri 9 Blitar, 3) Mendeskripsikan dampak pembelajaran ekspositori guru Akhidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Negeri 9 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus . pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, dan memperpanjang waktu kehadiran. Hasil penelitian ini : 1) Guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik dan diimplementasikan dengan menggunakan metode yaitu menggunakan metode ceramah tanya jawab dan diskusi. 2) Hambatan pembelajaran ekspositori guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta yaitu beragamnya karakteristik dan tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda. 3) Dampak guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik yaitu terdapat dampak negatif dan positif. Dampak negatif dari penerapan strategi ekspositori dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu pada saat proses pembelajaran siswa cenderung lebih pasif, hal ini terjadi karena strategi ekspositori berpusat pada penjelasan dari guru. Selain itu juga terdapat dampak positif dari peserapan strategi ekspositori yaitu strategi ini cocok digunakan untuk sekolah yang memiliki jumlah peserta didik yang banyak. Strategi ini juga akan berhasil apabila peserta didik memiliki kemampuan mendengar dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163107 ISMA FIZAH NINDA SAFI’I
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:09
Last Modified: 14 Apr 2023 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33906

Actions (login required)

View Item View Item