Hendra Ilham Sururi, 2811123099 (2016) Implementasi Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2015/ 2016. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
Abstract
ABSTRAK Hendra Ilham Sururi, 2016, “Implementasi Pendidikan Agam Islam di SDN 1 Pakel tahun 2015/ 2016”. FTIK Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing H. Muh. Nurul Huda,MA. Kata kunci : Implementasi Pendidikan Agam Islam Implementasi pendidikan agama islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan islam secara alami dengan cara mensiasati sumber – sumber belajar dan hal – hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien. Sehubungan dengan hal ini guru Pendidikan Agama Islam mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar di sekolah yakni bagaimana membina dan mendidik siswanya melalui pendidikan agama Islam agar tujuan pendidikan agama islam itu dapat dimiliki dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana perencanaan pendidikan agama Islam di SDN 1 Pakel tahun ajaran 2015 - 2016? 2. Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN 1 Pakel tahun ajaran 2015 – 2016? 3. Bagaimana Evaluasi Implementasi Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Pakel tahun ajaran 2015- 2016 ? Adapun tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui perencanaan pendidikan agama Islam di SDN1 pakel Tulungagung. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN 1 pakel Tulungagung. 3. Untuk mengetahui evaluasi implementasi pendidikan agama islam di SDN 1 pakel Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Berdasarkan pembahasan secara teoritis maupun empiris dari data hasil penelitian di SDN 1 Pakel, maka peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1. Dalam perencanaan pelaksanaan pendidikan agama Islam, dimulai dengan membuat silabus, selanjutnya membuat perencanaan yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2. Dalam pelaksanaan pendidikan agama islam, dalam penggunaan metode, dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu metode. Dalam hal penyediaan materi pembelajaran, guru selalu mempersiapkan materi yang nanti akan diajarkan. Dalam hal penggunaan media pembelajaran, guru hanya memakai media papan tulis dan buku. Sedangkan dalam hal evaluasi pembelajaran, dilakukan per Kompetensi Dasar. 3. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di SDN 1 Pakel dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dilaksanakan per KD dan SK. Namun tidak hanya dengan evaluasi tulis tetapi juga menggunakan tes lisan dan juga praktek guna mengetahui seberapa jauh para siswa menerima pembelajara pendidikan agama Islam. Pelaksanaan evalusai yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut sesuai dengan pelaksanaan KTSP.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123099 Hendra Ilham Sururi |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:31 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3484 |
Actions (login required)
View Item |