IRA KHOIRUNISA’, 2817123080 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV-B SDI AL HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1-SAMPUL.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I iraK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II iraK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ira.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ira.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ira.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Ira Khoirunisa’, NIM. 2817123080, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Matematika, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? . Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Spiral model Kemmis dan Mc. Taggart karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi dan (4) tahap trefleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung yang terdiri atas 9 peserta didik laki-laki dan 5 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran matematika realistik yang mana penerapannya dimulai dengan memahami masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan jawaban dengan teman sebangku, mendiskusikan jawaban dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal, nilai rata-rata peserta didik 37,14 dengan prosentase ketuntasan 0%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 68 dengan prosentase ketuntasan 42,86% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,28 dengan prosentase ketuntasan 85,71%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123080 IRA KHOIRUNISA’ |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 02:02 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3487 |
Actions (login required)
View Item |