Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat

Lutfiatul Khusna, 2811123130 (2016) Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat”. Ditulis oleh: Lutfiatul Khusna dan dibimbing oleh: Bapak Fathul Mujib, M.Ag Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, terutama yang terjadi di dalam kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mapel fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan srengat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan guru dalam meningkakan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat?, (2) Bagaimana pengorganisasian kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat?, (3) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat?, (4) Bagaimana evaluasi kelas atau evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan guru dalam meningkakan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. (2) Untuk mengetahui pengorganisasian kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. (4) Untuk mengetahui evaluasi kelas atau evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Wawancara (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubermen yang terdiri dari: (1) Reduksi data (2) Penyajian data, dan (3) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekankan keabsahan data yang digunakan yaitu: (1) Perpanjang Keikutsertaan (2) Triangulasi yaitu Triangulasi metode danTriangulasi sumber. Hasil penelitian adalah (1) Perencanaan yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menentukan strategi, metode dan model pembelajaran, membagi kelompok belajar, menentukan materi pembelajaran. (2) Pengorganisasian yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih adalah mengatur ruang kelas dengan cara memelihara kebersihan dan keindahan semua barang yang ada di kelas, mengisi kelas dengan berbagai sumber belajar, media, kata-kata mutiara, dan hasil-hasil karya peserta didik, yang mempunyai nilai pendidikan, dan mengatur materi, materi dipelajari dengan baik dan disampaikan dengan baik pula agar siswa mudah memahami materi yang diberikan. (3) Pelaksanaan yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih adalah berdo’a bersama sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, melakukan apersepsi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, menjelaskan tujuan pembelajaran dan menyampaikan kompetensi dasarnya, mengatur waktu pembelajaran, lima belas menit kegiatan awal, enam puluh menit kegiatan pembelajaran, dan lima belas menit kegiatan akhir. (4) Evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih adalah keaktifan siswa dikelas, nilai tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian akhir semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123130 Lutfiatul Khusna
Date Deposited: 05 Jan 2017 03:43
Last Modified: 05 Jan 2017 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item