PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR`AN KELAS RENDAH (Multi Kasus di MI Progresif Al Huda, dan SDIT Baitul Qur`an Tulungagung)

MUHAMMAD LAZIM ABIDIN, 128505203018 (2023) PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR`AN KELAS RENDAH (Multi Kasus di MI Progresif Al Huda, dan SDIT Baitul Qur`an Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penggunaan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur`an Kelas Rendah (Multi Kasus di MI Progresif Al Huda, dan SDIT Baitul Qur`an Tulungagung)” ini di tulis oleh Muhammad Lazim Abidin dengan Promotor Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag dan Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufida, M.Pd. Kata kunci: Metode Drill, Meningkatkan Hafalan Al-Qur`An Kelas Rendah Seorang muslim wajib mempelajari dan membaca Al-Qur’an, selanjutnya mengajarkan kepada yang belum orang lain, karena paling baiknya seorang muslim adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. Menghafalkan Al-Qur`an tentunya ada metode-metode untuk mempermudah dan mempercepat dalam menghafalkannya, salah satu metode guru dalam mengajarkan hafalan Al-Qur`an kepada peserta didikya adalah menggunakan metode Drill. Metode drill merupakan cara guru dalam mengajar, di mana peserta didik melakukan kegiatan latihan-latihan, sehingga peserta didik tersebut memiliki keterampilan yang lebih bermutu dari apa yang telah dipelajari. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui metode Drill dalam meningkatkan hafalan Al-Quran pada siswa kelas III MI Progresif Al Huda Ketanon dan SDIT Baitul Qur`an Mangunsari Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode Drill dalam meningkatkan kelancaran membacaan Al-Quran pada siswa kelas III MI Progresif Al Huda Ketanon dan SDIT Baitul Qur`an Mangunsari Tulungagung. (3) Untuk mengetahui metode Drill dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas III MI Progresif Al Huda Ketanon dan SDIT Baitul Qur`an Mangunsari Tulungagung. (4) Untuk mengetahui metode Drill dalam meningkatkan kefashihan membaca Al-Qur`an pada siswa kelas III MI Progresif Ketanon dan SDIT Baitul Qur`an Mangunsari Tulungagung. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Metode ini juga disebut sebagai metode etnographi, karena pada awalnya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antroplogi budaya. Metode ini dikatakan sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupans masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, aktivitas sosial, dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan hafalan Al-Qur`an peserta didik di lakukan dengan menambah hafalan setiap hari, dan di setorkan kepada pembimbingnya satu-persatu secara bergantian sedangkan untuk menjaga hafalan yang telah di hafalkan menggunakan metode morojaah. (2) Peningkatan kelancaran membaca peserta didik dilakukan tahsin Al-Qur`an yaitu dengan cara ustadzah/guru pendidiknya membacakan ayat-ayat terlebih dahulu, kemuadian di lanjutkan dengan di ikuti oleh peserta didiknya, dan di lakukan secara berulang-ulang. (3) Kefahaman ilmu tajwid peserta didik di lakukan dengan cara pendidik menjelaskan tentang ilmu tajwid kepada peserta didiknya, kemudian setelah faham, pendidik menyuruh peserta didiknya untuk mencari hukum-hukumbacaan di dalam ayat-ayat AlQur`an. (4) Peningkatan kefashihan membaca Al-Qur`an peserta didik, yaitu dengan di adakanya kegiatan mengkaji Al-Qur`an setiap hari, pendidik membacakan ayat-ayat Al-Qur`an dengan menerapkan hukum-hukum bacaan serta makhorijul hurufnya secara berulang-ulang, kemudian di ikuti oleh peserta didiknya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: M.Pd 128505203018 Muhammad Lazim Abidin
Date Deposited: 17 May 2023 02:09
Last Modified: 17 May 2023 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35081

Actions (login required)

View Item View Item