HANA MUKHOFIYATUN NISA', 2811123098 (2016) KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/ 2016. [ Skripsi ]
|
Text
abstrak 3 bahasa fix.pdf Download (915kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (61kB) |
Abstract
ABSTRAK Hana Mukhofiyatun Nisa’, 2811123098, 2016, “Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MTs Negeri Ngantru Tahun Ajaran 2015/ 2016”, Skripsi jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. pembimbing: Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd Kata kunci : Kompetensi Guru, Evaluasi Hasil Belajar, Qur’an Hadits Skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan di dalam kehidupan. Bahkan di era yang serba maju ini sudah banyak orang yang dapat menempuh pendidikan sampai jenjang yang paling tinggi pada pendidikan formal. Seseorang yang tanpa pendidikan mumpuni, akan terombang- ambing dalam menjalani hidupnya. Salah satu kesuksesan suatu pendidikan tidak hanya dipengaruhi atau didasarkan pada pribadi orang masing-masing, namun juga dapat dipengaruhi dari lingkungan luar. Lingkungan luar yang turut mempengaruhi keberhasilan suatu pendidikan yaitu peran guru yang berkompeten. Dengan guru yang berkompeten maka akan melahirkan generasi yang mempunyai banyak prestasi. Oleh karenanya skripsi ini mengkaji kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Evaluasi dipergunakan untuk mengetahui sejauh mana guru Qur’an Hadits dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik khususnya dalam proses evaluasi hasil belajar yang juga merupakan sesuatu yang penting di lembaga pendidikan. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam pelaksanaan evluasi hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Negeri Ngantru dengan mengambil focus penelitian: 1) Kompetensi guru dalam perencanaan evaluasi hasil belajar. 2) Kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar. 3) Kompetensi guru dalam pengolahan hasil evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamat dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kompetensi guru dalam perencanaan evaluasi adalah guru merumuskan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi soal dan kunci jawaban, menentukan bentuk evaluasi, menentukan alat dan tehnik evaluasi, serta menentukan waktu pelaksanaan evaluasi. 2) Kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi adalah guru melakukan tes formatif dan sumatif sesuai dengan melihat situasi. Dalam pelaksanaannya guru lebih sering menggunakan tes formatif. Tes ini dinilai efektif untuk mengetahui dengan cepat tingkat pemahaman siswa dan tidak perlu menggunakan waktu khusus karena bisa dilakukan guru ketika proses belajar mengajar dikelas. Pelaksanaan tes sumatif di MTs Negeri Ngantru dilakukan serentak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan diawal dengan pengawasan yang lebih ketat oleh guru. 3) Kompetensi guru dalam pengolahan hasil evaluasi adalah guru memberikan skor terhadap hasil tes lisan, tulis, dan tindakan sesuai yang telah dilakukan siswa, membahas ulang tes yang telah diujikan, dan menganalisis hasil belajar siswa. Interpretasi hasil belajarnya guru memberikan tindak lanjut berupa remidi bagi siswa yang belum mencapai kreteria ketuntasan dan memberikan program pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. Selanjutnya, hasil dari keseluruhan evaluasi dipergunakan untuk pelaporan kepada wali siswa dan pihak sekolah sebagai bukti ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami tehnik dan prosedur penilaian serta mampu mengembangkan tes hasil belajar dengan baik. Adapun yang menjadi tolok ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar adalah acuan yang dapat mengkategorikan guru Qur’an Hadits berkompetensi sedang, cukup dan rendah. Dan setelah dilakukan penelitian di MTs Negeri Ngantru, maka dapat disimpulkan bahwa guru Qur’an Hadits memiliki kompetensi yang cukup dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 2811123098 HANA MUKHOFIYATUN NISA' |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 01:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3524 |
Actions (login required)
View Item |