PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SITI KHUMAIRO’ YULI AL MANIK, 2817123151 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II benar .pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fix.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Khumairo’ Yuli Al Manik: Penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci: Model Cooperative Tipe The Power Of Two, Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil dari proses keterampilan peserta didik kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dalam proses pembelajaran IPA yang masih kurang aktif dan bervariatif. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih kurang membangkitkan semangat dan keaktifan peserta didik dikelas, sehingga peserta didik kurang bersemangat dan kurang berfikir kreatif dalam pengembangan keterampilan proses. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Model Cooperative Tipe The Power Of Two dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?, 2. Bagaimana Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Cooperative Tipe The Power Of Two Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian tersebut, yaitu: 1. Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015 - 2016., 2. Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains melalui Model Cooperative Tipe The Power Of Two pokok bahasan pesawat sederhana kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015 – 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dari proses sains. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: 1. Tahap perencanaan (plan), 2. Tahap pelaksanaan (act), 3. Tahap observasi (observe), dan 4. Tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil dari kegiatan proses sains peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Cooperative Tipe The Power Of Two, akhirnya dapat disimpulkan bahwa penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan ada peningkatan hasil dari kegiatan proses sains pada mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahawa hasil dari keterampilan proses sains mengalami peningkatan dari awal pre test hingga siklus II yaitu, hasil dari proses kegiatan peserta didik pada saat pre test (40,62%), siklus I (65,62%), siklus II (75,75%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123151 SITI KHUMAIRO’ YULI AL MANIK
Date Deposited: 10 Aug 2016 04:36
Last Modified: 10 Aug 2016 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item