PENERAPAN POLA KEMITRAAN BISNIS OJEK ONLINE PADA GRAB DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN KEADILAN BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM

AFIF ABDUL HALIM, 17101153072 (2022) PENERAPAN POLA KEMITRAAN BISNIS OJEK ONLINE PADA GRAB DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN KEADILAN BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul“PENERAPAN POLA KEMITRAAN BISNIS OJEK ONLINE PADA GRAB (Ditinjau Dari Hukum Positif dan Prinsip Keadilan Berbasis Etika Bisnis Islam). ini ditulis oleh Afif Abdul Halim, NIM, 17101153072, pembimbing Ibu Dr. Zulfatun Ni’mah, S.H.I., M.Hum. Kemitraan antara PT Grab dan mitra driver yang seharusnya terjalin berdasarkan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan antar pihak, namun kenyataanya kemitraan yang terjadi antara PT Grab dan mitra driver banyak diwarnai keluhan mitra driver, dimana keluhan adalah suatu indikasi adanya ketidakadilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pola kemitraan bisnis ojek online antara driver dengan penyedia aplikas Grab?, 2) Bagaimana pola kemitraan bisnis ojek online pada Grab ditinjau dari hukum positif?, 3)Bagaimana pola kemitraan bisnis ojek online pada Grab ditinjau dari prinsip keadilan berbasis etika bisnis Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemitraan bisnis ojek online antara driver dengan penyedia aplikasi PT Grab, untuk mengetahui pola kemitraan bisnis pada ojek online Grab ditinjau dari Hukum Positif, dan juga untuk mengetahui pola kemitraan bisnis ojek online antara mitra driver dan penyedia aplikasi Grab ditinjau dari prinsip keadilan berbasis etika bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis . Data terdiri dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data meliputi pengamatan dari lapangan dan wawancara. teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan pola kemitraan antara PT Grab dengan driver diterapkan perjanjian yang syarat dan ketentuannya ditentukan sepihak oleh PT Grab, dimana PT Grab berkewajiban menyediakan aplikasi dan mitra driver berkewajiban untuk melayani konsumen dengan proporsi pembagian pendapatan 20:80, 2) Ditinjau dari perspektif hukum positif, kemitraan antara PT Grab dengan mitra driver telah memenuhi syarat-syarat sah akad perjanjian dengan menerapkan asas kebebasan berkontrak, perjanjian baku dan klausul eksenorsi dimana perusahaan PT Grab bebas menentukan, mengubah isi, jumlah perjanjian kemitraan dan mitra driver tinggal menyetujuinya, 3) Ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam, kemitraan antara PT Grab dengan mitra driver belum sepenuhnya memenuhi prinsip keadilan karena PT Grab terlalu banyak memberikan tuntutan sekaligus arahan atau rambu-rambu yang terlalu menyulitkan mitra driver dan tidak sebanding dengan hak yang diterima.. Katakunci:PT Grab, Etika Bisnis Islam, Kemitraan

Item Type: Skripsi
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153072 Afif Abdul Halim
Date Deposited: 17 May 2023 07:15
Last Modified: 17 May 2023 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35344

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item