PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TEKANAN KELAS VIII MTSN 2 TULUNGAGUNG

ARINA NUR NILAMSARI, 12211183027 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TEKANAN KELAS VIII MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Arina Nur Nilamsari, NIM. 12211183027. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tekanan Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, Quantum Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Materi Tekanan Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran yang konvensional dengan menggunakan metode teacher center, diskusi, membosankan, dan tidak menarik yang berakibat pada pembelajaran yang hanya terfokus pada guru dan memperlakukan peserta didik sebagai objek, peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang termotivasi dalam belajar. Bahkan tanya jawab antara guru dan peserta didik kurang baik dan pembelajaran terjadi tanpa ada kesempatan bagi peserta didik untuk berinteraksi satu sama lain. Kehadiran pendidik sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru yang berkualitas mengarahkan peserta didiknya untuk menjadi cerdas secara kognitif, efektif, dan psikomotorik. Kurangnya motivasi belajar peserta didik yang membuat mereka tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut mengakibatkan hasil belajar tidak maksimal. Dengan hal itu, tujuan penelitian ini diharapkan dapat mengubah lingkungan belajar agar lebih nyaman bagi peserta didik untuk berbagi ide selama proses pembelajaran dan menghasilkan edukatif yang dapat membantu peserta didik agar belajar lebih efektif, sebagai penggerak dan pembimbing, dalam proses tersebut dengan harapan proses pembelajaran akan berjalan lebih lancar jika peserta didik lebih aktif daripada guru. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment (dikenal sebagai eksperimen semu). Subjek penelitian ini peserta didik Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes soal pretest dan posttest. Angket digunakan dalam memperdalam penelitian tentang motivasi belajar peserta didik. Tes soal digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-T dan Uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukan hasil data dan analisis data menggunakan t-test independent yang menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukan hasil data dan analisis data menggunakan t- test paired yang menunjukan bahwa diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. (3)Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditujukan pada perhitungan dari hasil uji Manova yang menunjukan nilai mutivatiate test (Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root) dan Between Subject Efects dengan signifkansi senilai 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211183027 ARINA NUR NILAMSARI
Date Deposited: 22 May 2023 08:30
Last Modified: 22 May 2023 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35461

Actions (login required)

View Item View Item