PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

TITIN MAS'UDAH, 17201163100 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan di Mts Ma’arif BakungUdanawu Blitar” ini ditulis oleh Titin Mas’udah NIM. 17201163100, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata kunci: Penanaman, Nilai-Nilai Religius, Aktivitas Keagamaan Semakin banyaknya fenomena yang muncul tentang masalah degradasi moral di kalangan pelajar seperti perampokan, pemerkosaan, pornografi bahkan narkotika yang dinilai sangat meresahkan pendidikan Indonesia. Tidak hanya itu, semakin berkembangnya kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang disalah gunakan sehingga menjadi pemicu kejahatan lainnya. Adanya fenomena tersebut menimbulkan dampak yang negatif bagi kalangan pelajar. Maka untuk mengurangi tersebut perlu ditanamkan nilai-nilai religius sejak dini sebagai pengendali dampak negatif tadi. Seperti aktivitas pembiasaan keagamaan yang dilakukan di Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, yaitu berupa penanaman nilai religius seperti nilai Aqidah, Syari’ah dan Akhlak. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk penanaman nilai Aqidah kepada peserta didik melalui aktivitas pembiasaan di Mts Ma’arif Bakung udanawu Blitar? (2) Bagaimana bentuk penanaman nilai Syari’ah kepada peserta didik melalui aktivitas pembiasaan kegamaan di Mts Ma’arif Bakung udanawu Blitar? (3) Bagaimana bentuk penanaman nilai Akhlak kepada peserta didik melalui aktivitas pembiasaan kegamaan di Mts Ma’arif Bakung udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah people, paper, place. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk penanaman yang digunakan dalam menanamkan nilai aqidah di Mts Ma’arif Bakung yaitu dengan pembiasaan kegiatan rutin apel pagi, kegiatan rutin Istighosah dan aktif mengikut sertakan peserta didik mengikuti kegiatan PHBI. 2) Adapun bentuk penanaman yang digunakan dalam menanamkan nilai syari’ah yaitu melalui pembiasaan kegiatan praktek ibadah dengan menggunakan buku standar kompetensi berupa risalah ubudiyah yang berisi standar kecakapan dalam membaca surah-surap pendek, do’a-do’a serta tahlil, dan yang terakhir pembiasaan kegiatan BTQ. 3) Sedangkan bentuk penanaman nilai Akhlak di Mts Ma’arif Bakung diantaranya: melalui kegiatan MPLM, melalui pembiasaan program unggulan madrasah yaitu “Semalam di Masama” dan program “Hening Day”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163100 Titin Mas'udah
Date Deposited: 22 May 2023 06:45
Last Modified: 22 May 2023 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35490

Actions (login required)

View Item View Item