Penerapan Pendidikan Karakter melalui Pendekatan CTL di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014

Shofiana, Nafis (2014) Penerapan Pendidikan Karakter melalui Pendekatan CTL di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bab 1 ok.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ok.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ok.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ok.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ok.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
rujukan ok.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ok.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: pendidikan karakter, pendekatan CTL Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena pada zaman sekarang banyak siswa yang kurang memiliki kelakuan baik, baik itu di sekolah maupun di luar sekolah, sehingga pendidikan karakter itu sangat penting diberikan kepada siswa. Dan permasalahan yang dialami siswa adalah perilaku siswa yang kurang sopan terhadap guru, terhadap orang tua, dan teman-temannya.Tidak sedikit siswa yang bolos saat pelajaran, meninggalkan kegiatan-kegiatan sekolah dan melanggar peraturan sekolah. Dan alternatif yang dipakai oleh guru dalam penerapan pendidikan karakter di dalam kelas adalah dengan menggunakan pendekatan CTL, karena dalam pendekatan CTL ini langkah pembelajarannya bisa membuat siswa itu lebih mandiri dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak membuat jenuh siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini antara lain: Bagaimana perencanaan pendidikan karakter melalui pendekatan CTL di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek?, Bagaimana pelaksanaan penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan CTL di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan CTL di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek?. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala madrasah MTs As-Syfiiyah, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi sekolah, sebagai bahan masukan bagi sekolah dalam penerapan strategi pembelajaran di kelas agar menjadi lebih efektif dan efisien sehingga kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat, bagi siswa, meningkatkan hasil belajar dan solidaritas siswa untuk menemukan pengetahuan dan mengembangkan wawasan, meningkatkan kemampuan menganalisis suatu masalah serta berperilaku terpuji melalui pembelajaran, bagi guru atau calon guru, sebagai sumber informasi dan referensi dalam pengembangan penerapan strategi pembelajaran agar menjadi lebih efektif dan efisien, bagi peneliti, sebagai sarana belajar untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan dengan terjun langsung sehingga dapat melihat, merasakan, dan menghayati apakah strategi pembelajaran yang dilakukan selama ini sudah efektif dan efisien. xviii Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik perpanjangan observasi, observasi yang berkelanjutan, triangulasi dan pemeriksaan dengan teman sejawat. Untuk tahap penelitiannya menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan CTL di MTs As-Syafi’iyah Pogalan adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi: Silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang didalamnya memuat rencana kegiatan pembelajaran secara terpadu dengan berbagai macam metode dan media pembelajaran yang diintegrasikan dengan penerapan nilai-nilai karakter pada pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, menekankan kepada pembentukan karakter melalui keteladanan dan tanggungjawab seta perencanaan pembentukan karakter pada proses pembelajaran adalah dengan memakai metode ceramah, metode pemberian tugas, dan metode pemberian hukuman. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pendekatan CTL di MTs As-Syafiiyah Pogalan adalah dengan 3 cara, yaitu integrasi ke dalam materi pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar, integrasi melalui penciptaan pembiasaan dan modeling, integrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Untuk penilaian guru menggunakan dari beberapa aspek, kognitif, afektif, psikomotorik. (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan CTL di MTs As-Syafiiyah adalah pertama Faktor pendukung: Adanya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, dalam pembiasaan dan kegiataan sehari-hari di sekolah yaitu, adanya lingkungan yang sangat nyaman (banyaknya pepohonan yang membuat sekolah menjadi sejuk), diadakannya bimbingan bagi semua guru di MTs As-Syafi’iyah Pogalan dengan tujuan semua guru bisa menerapkan pendidikan karakter di kelas dengan menggunakan pendekatan-pendekatan seperti CTL. Kedua faktor penghambat: Dalam kegiatan pembelajaran yaitu keterbatasan waktu yang ada, kesulitan guru dalam menggunakan pendekatan CTL dengan metode yang dapat diterima siswa dan kurangnya minat siswa terhadap materi yang dipelajari, kurang adanya keseimbangan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, kurangnya minat dan kemampuan siswa terutama pada aspek sholat dhuha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Dec 2014 06:38
Last Modified: 08 Dec 2014 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item