PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI FLUIDA STATIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

DIMAS AHMAD SETIAWAN HANDOYO PUTRO, 12211183039 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI FLUIDA STATIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kalidawir Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Dimas Ahmad Setiawan Handoyo Putro, NIM. 12211183039. Skripsi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universtas Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung. Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Model pembelajaran Learning Cycle 5E, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang termotivasi dalam belajar fisika dan pemahaman konsep pada materi fluida statik. Maka penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E diperlukan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persentase pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kalidawir, 2) Persentase pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kalidawir, 3) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam menganalisis data, dan dengan desain penelitian quasi Eksperiment. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kalidawir dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA, dan samplenya kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3. Sampling dalam penelitian menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, dan tes pemahaman konsep (pretest & posttest), serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat yang terdiri dari uji homogenitas dan uji normalitas, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji independent sample T test, uji paired sample T test dan uji MANOVA. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa : 1) terdapat persentase pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kalidawir dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,403 > 1,939412 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, serta pengaruh terhadap motivasi sebesar 46%. 2) terdapat persentase pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kalidawir dengan nilai thitung > ttabel yaitu 21,576 > 1,939412 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,005. 3) terdapat persentase pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kalidawir dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183039 Dimas Ahmad Setiawan Handoyo Putro
Date Deposited: 24 May 2023 06:37
Last Modified: 24 May 2023 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35583

Actions (login required)

View Item View Item