KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FIQIH DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF PADA KELAS VII MTs NEGERI TULUNGAGUNG

DWI HANDAYANI, 2811123076 (2016) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FIQIH DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF PADA KELAS VII MTs NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Handayani, NIM. 2811123076, “Kompetensi Profesional Guru Fiqih dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif pada Kelas VII MTs Negeri Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2016, dosen pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh M.Pd.I, NIP. 19691206 199903 1 003. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru Fiqih, Belajar Mengajar yang Efektif. Fokus penelitian : 1. Bagaimana penguasaan materi pembelajaran guru Fiqih dalam mencipatakan situasi belajar mengajar yang efektif pada Kelas VII MTs Negeri Tulungagung?; 2. Bagaimana metode pembelajaran guru Fiqih dalam mencipatakan situasi belajar mengajar yang efektif pada Kelas VII MTs Negeri Tulungagung?; 3. Bagaimana penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam mencipatakan situasi belajar mengajar yang efektif pada Kelas VII MTs Negeri Tulungagung?. Pendekatan : penelitian kualitatif. Jenis penelitian : studi kasus. Instrumen : peneliti. Kehadiran peneliti : dari tanggal 12 Maret sampai 2 Mei 2016. Lokasi : MTs Negeri Tulungagung. Sumber data : people, place, dan paper. Teknik sampling : purposive sampling. Teknik pengumpulan data : observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data hasil penelitian lapangan : ringkasan data. Teknik analisis data : display data, reduksi data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data : perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian : 1. Guru Fiqih sebagai seorang yang profesional dengan penguasaan materi yang luas dan mendalam sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya mampu merancang materi pembelajaran yaitu dengan pemilihan bahan ajar dengan mengacu atau merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, menyusun materi pembelajaran secara berurutan yang diawali dari hal yang sederhana ke materi yang kompleks, dan mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan memberikan penjelasan secara logis disertai contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dapat mengaktifan siswa dalam pembelajaran dan guru mempunyai wibawa. 2. Guru Fiqih sebagai seorang yang profesional dalam metode pembelajaran yakni dalam pemilihan metode pembelajaran guru mempertimbangkan materi pelajaran, siswa dan kemampun guru sendiri mengenai metode dan tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, guru menggunkan metode secara bervariasi dan mampu mengaplikasikannya dengan tepat dalam proses pembelajaran Fiqih sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara kondusif dan keaktifan siswa dapat diciptakan. Adapun metode yang digunakan seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, dan kerja kelompok yang sesuai dengan K13 yang diterapkan di MTs Negeri Tulungagung. 3. Guru Fiqih sebagai seorang yang profesional dalam proses pembelajaran menggunakan media modul, papan tulis white board dan LCD proyektor dengan cara LCD proyektor dan laptop digunakan guru untuk menampilkan slide-slide power point yang merupakan rangkuman materi, gambar dan video sehingga siswa tidak hanya melihat tapi juga mendengar, papan tulis white board digunakan guru untuk menulis poin-point penting mengenai materi yang diajarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123076 DWI HANDAYANI
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:03
Last Modified: 04 Jan 2017 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item