STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANTU PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN I TULUNGAGUNG

LUTFY CIPTASARI, 12205193011 (2023) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANTU PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN I TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lutfy Ciptasari,12205193011, Strategi Komunikasi Guru dalam Membantu Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dI MIN I Tulungagung, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi, Pemahaman Siswa, Akidah Akhlak Perkembangan teknologi saat ini sangat pesatsehingga khawatir akhlak yang baik mulai lunturdan berdampak buruk pada siswa madrasah ibtidaiyah.Sedangkan jenjang pendidikandasar merupakan fondasi awal dalam menanamkan akhlak.Guru perlu mengaplikasikan strategi-strategi komunikasi untukmembantu pemahaman siswa sertamembentuk akhlak yang baik pada siswa agar tujuan pendidikan tercapai secara efisien dan efektif.Fakta di lapangan yang terjadi di MIN I Tulungagung ditemukan beberapa siswa masih terfokus bahwa belajar hanya sekedar mengisi jawaban pada soal yang ada di lembar kerja siswa dan mendapatkan nilai sempurna.Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait strategi komunikasi guru sebagai pendidik untuk membantu siswa memahami mata pelajaran Akidah Akhlak baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Rumusan masalah penelitian pada skripsi ini adalah: 1)Bagaimana strategi perencanaan komunikasi guru sebelum pembelajaran Akidah Akhlak di MIN I Tulungagung?2)Bagaimana strategi komunikasi verbal dan non verbal guru dalam membantu pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN I Tulungagung?3)Bagaimana dampak dari strategi komunikasi guru dalam membantu pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN I Tulungagung?. Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan strategi perencanaan komunikasi guru sebelum pembelajaran Akidah Akhlak di MIN I Tulungagung.2)Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi verbal dan non verbal guru dalam membantu pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN I Tulungagung.3)Untuk mendeskripsikan dampak dari strategi komunikasi guru dalam membantu pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN I Tulungagung. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai pengumpulan data, kondensasi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasilpenelitiannya adalah: 1. Perencanaan guru sebelum pembelajaran Akidah Akhlak meliputi: membuat perencanaan jadwal mengajar, menjaga stamina tubuh dan mengelola emosi, mempelajari materi dan membuat RPP. 2. Strategi komunikasi verbal dan non verbal guru adalah: menggunakan etika komunikasiIslamqaulan karima, etika komunikasi Islamqaulan layyina, dan etika komunikasi Islamqaulan balighayang dikombinasikan dengangerakan sebagian anggota tubuh, penampilan, dan sentuhan.3. Dampak strategi komunikasi guruadalah:dampak kognitif dimana siswa mendapat nilai yang baik, dampak afektif yang menunjukkan siswa berani bertanya dan berinteraksi dengan guru, serta dampak behavioral dimana siswa menghormati gurunya, berani meminta maaf, dan bertanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193011 LUTFY CIPTASARI
Date Deposited: 25 May 2023 06:28
Last Modified: 25 May 2023 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35679

Actions (login required)

View Item View Item