DEWI KHOFSOH, 12204183220 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII MTsN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Segitiga Kelas VII MTsN 2 Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Dewi Khofsoh, NIM. 12204183230, Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Geogebra, Motivasi dan Hasil Belajar, Segitiga, Motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh globalisasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di era globalisasi dan informasi ini penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) menjadi sebuah tuntutan untuk mempersiapkan generasi yang siap menghadapi perkembangan zaman yang tanggap digital. Komputer merupakan salah satu jenis media digital yang berperan cukup penting terutama pada materi yang memerlukan gambar, seperti bangun dua dimensi, tiga dimensi, grafik atau kurva, dan diagram. Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami volume dan luas segitiga dan lebih cenderung menghafal materi. Untuk membantu siswa belajar memahami segitiga, siswa dapat menggunakan salah satu aplikasi komputer yaitu Geogebra. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran GeoGebra pada pembelajaran segitiga terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 2 Blitar, (2) Mengetahui pengaruh penggunaaan media pembelajaran GeoGebra pada pembelajaran segitiga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Blitar, (3) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran GeoGebra pada pembelajaran segitiga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Blitar 32 siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa nilai hasil posttest dan angket, serta wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini adalah lembar soal posttest dan angket motivasi belajar materi Segitiga. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua tahap, yakni Uji normalitas dan Uji homogenitas, sedangkan analisis akhir menggunakan Uji t dan Uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh positif pada penggunaan media pembelajaran Geogebra terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 2 Blitar sebesar 21,9%. (2) Terdapat pengaruh positif pada penggunaan media pembelajaran Geogebra terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Blitar sebesar 13,6%. (3) Terdapat pengaruh positif pada penggunaan media pembelajaran Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Blitar dengan signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183230 Dewi Khofsoh |
Date Deposited: | 26 May 2023 03:08 |
Last Modified: | 26 May 2023 03:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35723 |
Actions (login required)
View Item |