EMMA CATRYA NILAMSARI, 12401193028 (2023) STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH IB MUAMALAT DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG MALANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah pada Produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Malang” ini ditulis oleh Emma Catrya Nilamsari NIM 12401193028 dengan pembimbing Bapak Ahmad Syaichoni, M.Sy. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kasus pembiayaan bermasalah yang terjadi pada bank syariah bukan hanya disebabkan oleh faktor ekonomi nasabah, akan tetapi banyak faktor lain menjadi penyebab seperti adanya tindakan curang berupa kredit fiktif yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak hanya dirasakan olehpihak bank, tetapi juga nasabah dan negara. Sementara itu, besarnya permintaan masyarakat terhadap pembiayaan KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KC Malangmenyebabkan besarnya risiko terjadi pembiayaan bermasalah pada bank. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Merumuskan penerapan prinsip mengenal nasabah (know your customer) dalam mencegah pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalat (2) Merumuskan proses penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KC Malang (3) Merumuskan hasil penyelesaian pembiayaan bermasalah melalui strategi yang diterapkan oleh Bank Muamalat KC Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan metode pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan prinsip mengenal nasabah (know your customer) dalam mencegah pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalatmeliputi kebijakan penerimaan dan identifikasi nasabah, kebijakan verifikasi data nasabah dan kebijakan pemantauan terhadap nasabah (2) Proses penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KC Malang melalui proses penagihan secara insentif, restrukturisasi, pemberian surat peringatan dan lelang (3) Hasil penyelesaian pembiayaan bermasalah melalui strategi yang diterapkan oleh Bank Muamalat KC Malang menunjukkan keefekrifannya, di mana keefektifan tersebut dapat dilihat dari jumlah nasabah yang diselesaikan melalui penagihan secara insentif, restrukturisasi, pemberian surat peringatan dan lelang serta dapat dilihat dari rasio non performing financing Bank Muamalat KC Malang. Kata Kunci: Pembiayaan bermasalah, Prinsip Mengenal Nasabah, KPR iB Muamalat
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Pembiayaan Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401193028 Emma Catrya Nilamsari |
Date Deposited: | 26 May 2023 06:32 |
Last Modified: | 26 May 2023 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35738 |
Actions (login required)
View Item |