PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V SDN KENDALBULUR 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

DAISYA MAIRINI, 2817123033 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V SDN KENDALBULUR 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Eksplorasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Daisya Mairini NIM 2817123033 dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, IPA, Keterampilan Eksplorasi. Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Yang melatarbelakangi penelitian ini berdasarkan pengamatan SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung, terdapat masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPA. Guru kelas V mengatakan bahwa banyak peserta didik yang tidak memperhatikan, sehingga hal ini berdampak pada minimnya pemahaman materi yang berakibat pada prosentase kelulusan hanya sekitar 25% dari 26 peserta didik.Selain itu, banyak peserta didik yang kurang menguasai keterampilan-keterampilan dalam pembelajaran IPA, diantaranya adalah keterampilan menyebutkan, mengkomunikasikan, mengobservasi, menganalisa dan menyimpulkan. Untuk itu, peneliti menerapkan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam proses pembelajaran IPA karena dengan menggunakan metode ini partisipasi atau aktivitas peserta didik yang kurang dapat meningkat sehingga apa yang menjadi sasaran atau tujuan pembelajaran dapat dicapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam keterampilan eksplorasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan peserta didik dalam eksplorasi melalui metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendekripsikan melalui metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam keterampilan eksplorasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan peserta didik dalam eksplorasi melalui penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan eksplorasi peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explainingmengalami peningkatan.Pada siklus I, ketuntasan belajar 27% dengan rata-rata 65.Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 54% dengan rata-rata 73. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keterampilan eksplorasi mata pelajaran IPA kelas V SDN Kendalbulur 2 Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123033 DAISYA MAIRINI
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:09
Last Modified: 19 Dec 2016 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item