TINJUAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PEMASARAN KERAJINAN BATU ONYX (Studi Kasus PT. Tri Mulya Onyx Desa Wates Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)

ANA KHUSNUL MUNAWAROH, 12402173338 (2023) TINJUAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PEMASARAN KERAJINAN BATU ONYX (Studi Kasus PT. Tri Mulya Onyx Desa Wates Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Pemasaran Kerajinan Batu Onyx (Study Kasus PT. Tri Mulya Onyx Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)” ini disusn oleh Ana Khusnul Munawaroh, NIM 12402173338, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Nur Fadhilah, M.H. PT. Tri Mulya Onyx adalah perusahaan kerajinan batu Onyx yang berhasil memasarkan produknya dalam skala lokal, nasional, bahkan internasional. Pemasaran yang dilakukan perusahaan ini menjadi isu yang menarik untuk dianalisis menggunakan tinjauan ekonomi Islam. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran kerajinan batu onyx di PT. Tri Mulya Onyx? 2) Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran kerajinan batu nyx di PT. Tri Mulya Onyx? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi pemasaran kerajinan batu onyx di PT. Tri Mulya Onyx. 2) menganalisis tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran kerajinan batu onyx di PT. Tri Mulya Onyx. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran kerajinan batu onyx di PT. Tri Mulya Onyx dilakukan dengan mempertimbangkan empat unsur, yaitu segmentasi pasar, positioning, produk, dan promosi. Segmentasi pasar bertujuan agar produk yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan karakteristik konsumen, seperti Perancis yang cenderung memilih wastafel dari pada produk lain. Positioning dilakukan ketika sudah menemukan pasar yang menjadi sasaran. Dalam hal ini, PT. Tri Mulya Onyx akan menawarkan produk yang sesuai dengan kondisi pasar. Selain itu, pengemasan juga menjadi perhatian, agar kualitas produk tetap terjaga hingga diterima konsumen baik dalam negeri maupun luar ngeri. Dalam melakukan pemasaran PT. Tri Mulya onyx menggunakan katalog yang memberikan penjelasan tentang kualitas, desain, bahan, dan tekstur produk. PT. Tri Mulya Onyx melakukan promosi secara daring dan luring. Ekspo adaalah salah satu strategi promosi luring. Sedangankan promosi daring melalui Shopee & Tokopedia untuk dalam negeri, sedangkan website perusahaan digunakan untuk pemasaran luar negeri. 2) Strategi pemasaran kerajinan PT. Tri Mulya Onyx yang terdiri dari segmentasi pasar, positioning, produk, dan promosi telah sejalan dengan prinsip ekonomi Islam. Kejujuran dalam pemasaran kerajinan sesuai dengan perilaku Shiddiq. Menjaga kepercayaan konsumen menggambarkan perilaky Amanah. Penggunaan media daring dan luring sebagai langkag cerdas dalam pemasaran selaras dengan perilaku Fathanah. Pasar dalam luar negeri yang dikelola oleh PT. Tri Mulya Onyx adalah hasil komunikasi perusahaan dengan berbagai pihak sebagaimana telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam berdagang melalui perilaku Tabligh. Kata Kunci : Ekonomi Islam, kerajinan batu onyx, pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173338 Ana Khusnul Munawaroh
Date Deposited: 30 May 2023 02:06
Last Modified: 30 May 2023 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35853

Actions (login required)

View Item View Item