INTAN FAUZIYAH, 2811123111 (2016) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ ROUDLOTUL QUR’AN JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BIODATA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Intan Fauziyah. Dosen Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Nergeri Tulungagung. Kata Kunci: Metode Tilawati Salah satu aspek pendidikan agama Islam yang kurang mendapatkan perhatian adalah pendidikan Al-Qur’an. Diterapkannya metode tilawati sebagai metode dalam pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan islam yang menerapkan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode tilawati. Dewasa ini masih banyak terdapat masyarakat yang belum mengenal tentang huruf hijaiyah, meskipun mempunyai kemampuan dalam membaca akan tetapi masih minim, terutama dalam kaidah tajwid. Setiap anak lahir seperti kertas kosong, mereka akan belajar dari segala hal yang ada di sekitarnya. Dan pada usia ini anak cepat sekali menirukan dan meyimpan apa yang ia dapatkan dari sekitarnya ke dalam memori, karena andaikan kertas kosong mereka bagaikan mulai menulis tulisan apa saja yang ada sehingga bisa mereka tulis. Karena itu dengan diterapkannya metode tilawati yang tidak cenderung monoton dan disukai anak karena dengan ciri khasnya menggunakan lagu rost (merupakan salah satu jenis lagu dalam membaca Al-Qur’an) yang mudah dan sesuai apabila diterapkan anak, anak mampu menyerap pembelajaran dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Berkenaan hal tersebut, penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimana perencanaan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa faktor penghambat dan pendukung penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Untuk mempermudah penelitian tentang Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini diadakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisi data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu dengan memilih penerapan metode tilawati, menguasai teori, materi dan mempersiapkan perlengkapan mengajar. (2) Penerapan metode tilawati dilakukan dengan menggunakan teknik klasikal secara bersamaan antara guru dan peserta didik serta baca simak secara individual antara guru dan peserta didik, penerapan posisi tempat duduk berbentuk “U” untuk mempermudah mengontrol keadaan peserta didik saat pembelajaran berlangsung, dan yang terakhir adalah evaluasi atau munaqosyah untuk mengetahui seberapa kemampuan peserta didik dengan cara guru memberi penilaian saat kegiatan baca simak individual. (3) yang menjadi faktor penghambat dan pendukung metode tilawati berasal dari peserta didik itu sendiri, pengajar atau guru dan juga lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123111 INTAN FAUZIYAH |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 04:17 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3598 |
Actions (login required)
View Item |