PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS XII SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR

SEPTIANA WULAN CAHAYANI, 12204173181 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS XII SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas XII SMAN 1 Sutojayan Blitar Tahun Pembelajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Septiana Wulan Cahyani, NIM. 12204173181, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis. Latar belakang penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan ketika memahami dan menyelesaikan soal matematika. Penyebab hal ini adalah peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, kurangnya tuntutan menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang diajarkan antara penggunakaan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity dengan model pembelajaran konvensioal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Sutojayan Blitar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 4 SMAN 1 Sutojayan Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling, dipilih dua kelas secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model kontekstual berbasis hands on activity, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain randomized control group posttest only. Instrumen penelitan yang diberikan berupa tes kemampuan koneksi dan tes kemampuan pemecahan masalah terdiri dari 4 soal bentuk uraian. Dari hasil tes kemampuan koneksi diperoleh ratarata kelas kontrol 75,10 dan rata-rata kelas eksperimen 83,60. Sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rata-rata kelas kontrol 78,87 dan rata-rata kelas eksperimen 90,20. Teknik analisis data menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk menguji homogenitas data, dan uji t untuk menguji hipotesis statistik. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelaaran kontekstual berbasis hands on activity berpengaruh terhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan p-value = 0,000 ≤

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173181 SEPTIANA WULAN CAHAYANI
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:34
Last Modified: 05 Jun 2023 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35993

Actions (login required)

View Item View Item