PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS V MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SOFYA LAILA NAILATUL YUSRA, 2817123157 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS V MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1- SAMPUL.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Sofya Laila Nailatul Yusra, NIM. 2817123157, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar, dan mata pelajaran IPS. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS, salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan oleh guru. Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya yaitu: 1). Cara mengajar guru yang masih menggunakan metode bersifat tradisional dan media yang digunakan kurang menarik 2). Pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat pasif dan kurang tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Penelitian ini memiliki fokus masalah yaitu 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia peserta didik kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? 2). Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia peserta didik kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. 2). Mendeskripsikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). penerapan model Make a Match sangat efektif diterapkan pada peserta didik kelas V MI Bendiljati Wetan materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. 2). Penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan mulai pre-test, post-test siklus 1, sampai post-test siklus II. Hal ini dapat diketahui rata-rata nilai peserta didik 54,12 (pre-test), meningkat menjadi 79,41 (post-test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 85,29 (post-test siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123157 SOFYA LAILA NAILATUL YUSRA
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:23
Last Modified: 29 Dec 2016 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3600

Actions (login required)

View Item View Item