PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUS SHOLIHIN TAHUN AKADEMIK 2022/2023

FIQI FAISAL ARROSYIDI, 12201183252 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUS SHOLIHIN TAHUN AKADEMIK 2022/2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sholihin Tahun Akademik 2022/2023” yang ditulis oleh Fiqi Faisal Arrosyidi, NIM.12201183252 dan di bimbing oleh Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, karakter kejujuran. Konteks penelitian ini dimulai dengan fenomena Peran Guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik. Pada zaman sekarang banyak anak yang mengabaikan kejujuran dalam menjalani kehidupan karena mereka terbiasa untuk berbohong. ini merupakan sesuatu yang menarik karena guru Aqidah Akhlak harus melaksanakan perannya dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada diri sendiri ? (2) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada orang lain (3) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada Allah SWT ? adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlak untuk menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada diri-sendiri (2) Mendeskripsikan guru Aqidah Akhlak untuk menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada orang lain (3) Mendeskripsikan guru Aqidah Akhlak untuk menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Peneliti hadir di lokasi MI Tarbiyatus Sholihin dan mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis dengan teknik analisis data deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan teknik uji kredibilitas triangulasi sumber dan triangulasi teknik, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan teman sejawat dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada diri sendiri (a) Pembimbing, guru memberikan pengajaran khusus bagi peserta didik yang belum memahami materi. Motivator, guru memberikan reward bagi peserta didik yang aktif dalam pembelajaran. (b) Pembimbing, guru memberikan pengarahan dalam memilih barang sesuai kebutuhan untuk belajar. Fasilitator, sekolah dan guru memberikan fasilitas koperasi untuk menentukan kebutuhan mereka.(2) Peran guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada orang lain (a) Teladan, menepati setiap janji yang telah diberikan kepada peserta didik. Pembimbing, guru mengajak peserta didik untuk memikirkan setiap yang mereka ucapkan. Evaluator, guru mencocokan hasil yang dikerjakan oleh peserta didik dengan perkataan yang diucapkan. (b) Teladan, guru melakukan pekerjaan dengan profesional dan melukukan jual beli dikantin dengan jujur. Pembimbing, guru mengajarkan kepada peserta didik untuk mengerjakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Fasilitator, guru mendirikan kantin kejujuran untuk membantu siswa membiasakan berbuat jujur. Evaluator, guru melihat hasil yang diperoleh dari penjualan dikantin kejujuran dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang ketahuan mengambil tanpa membayar. (3) Peran guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan karakter kejujuran peserta didik kepada Allah SWT. Pengajar, guru memberikan materi seperti kisah nabi ismail dalam bertawakal kepada Allah SWT. Teladan, guru mencontohkan ibadah-ibadah seperti dzikir, sholat agar peserta didik terbiasa melakukannya setiap hari. Pembimbing, guru melakukan pengawasan dalam kegiatan beribadah yang dilakukan peserta didik disekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183252 FIQI FAISAL ARROSYIDI
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:38
Last Modified: 06 Jun 2023 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36056

Actions (login required)

View Item View Item