PENGARUH VERBAL ABUSE TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 REJOTANGAN

PUTRI EKA LESTARI, 12306193116 (2023) PENGARUH VERBAL ABUSE TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Verbal Abuse Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Rejotangan” ditulis oleh Putri Eka Lestari NIM. 12306193116. Pembimbing Ali Syahidin Mubarok, M.Si. Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2023. Abstrak : Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VII yang sedang mengalami verbal abuse dari orang tua yang mempengaruhi rasa percaya dirinya, dilihat dari proses mereka belajar di kelas dan bagaimana cara mereka bersosialisasi dengan teman sebaya. Siswa yang duduk di bangku kelas VII termasuk ke dalam fase remaja awal, Masa remaja awal merupakan fase peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang secara umum terjadi pada usia 11-14 tahun. Pada fase ini perilaku anak sering berlawanan dengan keinginan orang tua, sehingga tanpa disadari sebagian orang tua melakukan verbal abuse dengan tujuan agar anak mengikuti kemauan nya. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana tingkat verbal abuse pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejotangan, untuk mengetahui bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Rejotangan, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh verbal abuse terhadap tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejotangan. Populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejotangan yang berjumlah 219 siswa, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling menggunakan tabel Isaac dan Michael taraf kesalahan 5% didapatkan sampel sebanyak 135 siswa. Penelitian ini menggunakan alat ukur dengan skala verbal abuse dan skala kepercayaan diri dengan bentuk skala likert. Metode yang digunakan adalah kuantitatif kausal komparatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai koefisien determinan (R Square) diketahui sebesar 0,619 yang berarti bahwa pengaruh verbal abuse terhadap tingkat kepercayaan diri adalah sebesar 61,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada uji signifikansi diperoleh hasil nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara verbal abuse terhadap tingkat kepercayaan diri. Tingkat verbal abuse yang dialami siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejotangan termasuk pada kategori sedang (63,7%) dan tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejotangan termasuk dalam kategori sedang (65,9%). Serta terdapat pengaruh negatif yang berlawanan terhadap tingkat keprcayaan diri yang dilihat dari hasil uji t nilai t hitung - 14,706 yang mengandung arti bahwa semakin besar tindakan verbal abuse yang dialami oleh siswa maka semakin rendah tingkat kepercayaan diri pada siswa. Kata kunci : verbal abuse, kepercayaan diri, siswa kelas VII

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193116 Putri Eka Lestari
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:52
Last Modified: 08 Jun 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36071

Actions (login required)

View Item View Item