KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Multisitus di Yayasan Bakti Perwanida dan Yayasan Masjid Hidayatullah Blitar)

AURA LADYA PUTRI SYAFI'I, 12850121010 (2023) KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Multisitus di Yayasan Bakti Perwanida dan Yayasan Masjid Hidayatullah Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan di Indonesia terkait rendahnya profesionalitas yang sudah lama dialami guru. Yayasan Bakti Perwanida dan Yayasan Masjid Hidayatullah merupakan yayasan yang menaungi beberapa lembaga pendidikan Islam yang unggul di Kota Blitar. Memiliki guru yang profesional merupakan keistimewaan kedua yayasan tersebut, namun seiring berjalannya waktu, perkembangan pendidikan dan perubahan kurikulum membuat permasalahan baru yang dapat memengaruhi profesionalitas guru. Oleh sebab itu dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang bagus dalam penelitian ini mengambil lokasi yayasan sehingga meneliti Ketua Yayasan dalam tiga pendekatan kepemimpinan menurut Gary Yukl. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan kepemimpinan berdasarkan ciri Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalitas guru?; (2) Bagaimana pendekatan kepemimpinan berdasarkan perilaku Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalitas guru?; (3) Bagaimana pendekatan kepemimpinan berdasarkan pengaruh kekuasaan Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalitas guru?; dan (4) Bagaimana dampak dari pendekatan kepemimpinan Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalitas guru di Yayasan Bakti Perwanida dan Yayasan Masjid Hidayatullah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multi situs, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan kepemimpinan berdasarkan ciri dapat dilihat dari kebutuhan bawahan dan motivasinya, nilai, keterampilan, dan pengalamannya sebagai pemimpin. Pendekatan berdasarkan ciri adalah dasar dari seorang pemimpin dalam memimpin bawahannya.; (2) Pendekatan kepemimpinan berdasarkan perilaku dapat dilihat dari peranannya dalam yayasan, apabila pemerataan profesionalitas guru belum maksimal, Ketua Yayasan dapat mengadakan program kembali atau membuat program lain guna meningkatkan profesionalitas yang dialami guru.; (3) Pendekatan kepemimpinan berdasarkan pengaruh kekuasaan Ketua Yayasan yang memiliki kekuasaan secara sah dapat dengan mudah memengaruhi bawahan karena memiliki hak istimewa. (4) Dampak yang terjadi atas ketiga pendekatan kepemimpinan yang dilakukan Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalitas guru memberikan dampak yang seluruhnya positif terkait program-program yang dilakukan Ketua Yayasan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121010 Aura Ladya
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:29
Last Modified: 07 Jun 2023 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36132

Actions (login required)

View Item View Item