MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

FIKRI ALI TSANI OKTAFIYAN, 12207183045 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Fikri Ali Tsani Oktafiyan, NIM. 12207183045, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Pendidikan adalah suatu aspek dalam kehidupan yang bersifat dinamis yang mana pertumbuhan dan perkembangannya sampai kapan pun tidak pernah berhenti. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lembaga pendidikan yang memiliki peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadikan siswanya pribadi berkarakter yang memiliki akhlakul karimah. Maka dari itu, lembaga pendidikan dalam mewujudkan hal tersebut harus memiliki manajemen yang baik, terutama dalam menjalankan manajemen kesiswaan. Dalam hal ini manajemen kesiswaan sangat diperlukan dalam mengelola kegiatan dan menjalankan aturan yang berkaitan dengan kedisiplinan siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di MTsN 7 Tulungagung sebagai objek penelitian yang memiliki nilai kedisiplinan siswa berbasis karakter, kedisiplinan keagamaan, dan kedisiplinan lingkungan. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 7 Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 7 Tulungagung?, 3) Bagaimana pengawasan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 7 Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan kesiswaan yang ada di MTsN 7 Tulungagung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pola dari Milles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan kegiatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dimulai setiap memasuki awal tahun ajaran baru dengan mengadakan rapat koordinasi guna menyusun tata tertib kedisiplinan siswa, program kerja kesiswaan, membentuk tim kedisiplinan, dan menetapkan pedoman kesiswaan. Dalam perencanaan kegiatan juga memperhatikan kebutuhan siswa serta situasi yang ada terkait pandemi, program serta pedoman atau tata tertib yang telah ditetapkan bersama berorientasi pada jangka pendek serta jangka panjang guna mencapai target program itu sendiri yaitu kedisiplinan siswa yang didasarkan pada visi dan misi madrasah. 2) Pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa disesuaikan dengan program kerja dan pedoman kedisiplinan dengan menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB), masa taaruf siswa madrasah (MATSAMA), memberikan tata tertib kedisiplinan. Program kerja kesiswaan dilaksanakan pada setiap harinya yang meliputi pembiasaan 3S, disiplin dalam berseragam, datang tepat waktu, mengikuti KBM sesuai jadwal, kegiatan peduli lingkungan (adiwiyata), ekstra kurikuler, dan kegiatan keagamaan. 3) Pengawasan kegiatan kesiswaan di MTsN 7 Tulungagung dilaksanakan pada setiap harinya, pengawasan ini dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar, wali murid, alumni, serta pihak berwajib yang bertujuan untuk mengoreksi pelanggaran terhadap kedisiplinan program kerja kesiswaan serta tata tertib yang berlaku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd 12207183045 Fikri Ali Tsani Oktafiyan
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:35
Last Modified: 17 Jun 2023 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36182

Actions (login required)

View Item View Item