ISTIFADAH ILMI HAKIM, 128506203035 (2023) PENGARUH INTENSITAS SISWA MENGIKUTI KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SEKABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (692kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam dan Pendidikan Keagamaan dalam Keluarga terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Tulungagung” ini di tulis oleh Istifadah Ilmi Hakim, dengan pembimbing Pembimbing Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. dan Dr. H. Abd Aziz, M.Ag. Kata Kunci :Intensitas Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam, Pendidikan KeagamaanKeluarga, Perilaku Keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi perlunya menciptakan situasi pendidikan dan kegiatan kegiatan terprogram yang membawa nilai-nilai luhur.Nilai-nilai luhur yang dimaksud di sini adalah nilai-nilai dari pendidikan Agama Islam yang dikembangkan melalui program keagamaan yang bersifat kognitif afektif dan psikomotorik yang telah disampaikan di kelas maupun luar kelas.Melihat fenomena tersebut maka sekolah mencari alternatif pemecahan dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan.Yaitu, berupa wadah bagi pelajar agar dapat membiasakan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai islam. Dengan Alternatif melalui menyelenggarakan Kegiatan Kerohanian Islam bagi siswa dan mengetahui sejauh mana Pendidikan Keagamaan dalam Keluarga.Tujuan Penelitian ini yaitu : 1) Untuk Mengetahui Intensitas Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam. 2) Untuk Mengetahui Pendidikan Keagamaan Di Keluarga. 3) Untuk Mengetahui Perilaku Keagamaan siswa. 4) Untuk Mengetahui Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam siswa terhadap Perilaku Keagamaan siswa. 5)Untuk Mengetahui pengaruh Pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap Perilaku Keagamaan siswa.6) Untuk Mengetahui pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam dan Pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap Perilaku Keagamaan siswa di MAN se-Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitian berada di MAN 1, MAN 2, MAN 3 Kabupaten Tulungagung, dengan jumlah sampel sebanyak 255 siswa kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling.Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam nilai mean sebesar 102,85dikategorikan Sangat Tinggi. 2) Pendidikan Keagamaan dalam Keluarga nilai mean sebesar 101,48dikategorikan Sangat Tinggi. 3) Perilaku keagamaan nilai mean sebesar 104,43dikategorikan Sangat Tinggi. 4) Nilai pengaruh intensitas mengikuti kegiatan kerohanian islam terhadap perilaku keagamaan adalah sebesar 29,5%. 5) Nilai pengaruh pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan adalah sebesar 47,2%. 6) Nilai intensitas kegiatan rohis dan pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan adalah sebesar sebesar 51,8% . Hal Ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas mengikuti kegiatan kerohanian islamdan pendidikan Keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagaman siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 128506203035 ISTIFADAH ILMI HAKIM |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36186 |
Actions (login required)
View Item |