STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PROGRAM QIRO'AH SAB'AH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR'AN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo)

SARI HIDAYATI, 12850621040 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PROGRAM QIRO'AH SAB'AH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR'AN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh problem yang ditemukan di lapangan yaitu terdapat beberapa santri yang kurang memperhatikan dan mengindahkan setoran atau sorogan al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan beberapa santri yang salah dalam membaca al-Qur’an. Ketika setoran maupun sorogan al-Qur’an, santri kurang titen dan teliti sehingga mengakibatkan banyaknya kesalahan ketika membaca al-Qur’an. Pertanyaan Penelitian dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo?, (2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo?, (3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponrogo? Tujuan penelitian tesis ini: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengorganisasian pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi penyampaian pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo, (3) Untuk Mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengelolaan pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode multisitus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi, kemudian hasil temuan dianalisis dengan metode lintas situs. Hasil penelitian tesis ini adalah: (1) Strategi pengorganisasian pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo meliputi alokasi waktu, jumlah santri, dan jumlah guru pengampu program Qiro’ah Sab’ah, (2) Strategi penyampaian pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo meliputi metode pembelajaran, penyampaian materi, dan media pembelajaran, (3) Strategi pengelolaan pembelajaran program Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo meliputi pengelolaan waktu, pengelolaan kelas, dan pengontrolan santri.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sari hidayati
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:17
Last Modified: 09 Jun 2023 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36238

Actions (login required)

View Item View Item